JAKARTA, iNews.id - Industri otomotif di Indonesia terus tumbuh. Tak hanya di pasar offline, penjualan otomotif melalui platform online juga meningkat.
Ini dapat dilihat dari raihan yang dicapai marketplace Lazada Indonesia. Mereka mencatat kenaikan penjualan produk otomotif hampir tiga kali lipat pada kategori Laz Otomotif dalam 3 tahun terakhir.
VP Automotive Category Lazada Indonesia, Canggih Satriatama mengatakan, pihaknya membagi produk otomotif dalam 15 kategori, mulai dari suku cadang kendaraan, interior, eksterior, velg, ban, aksesoris, pelumas hingga sepeda motor. Seiring pertumbuhan penjualan, seller dari produsen otomotif dan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) juga meningkat.
“Pertumbuhan seller UMKM kategori otomotif mencapai dua kali lipat. Ini seiring meningkatnya pertumbuhan pembeli pada produk otomotif,” ujar Canggih dalam press conference di Jakarta, Selasa (21/11/2023).
Dia menyebutkan capaian tersebut mendorong perusahaan terus meningkatkan layanan di sektor otomotif. Mulai dari penyiapan kebutuhan spare parts, perawatan kendaraan, modifikasi hingga perlengkapan berkendara. Salah satu perusahaan suku cadang yang telah bekerja sama adalah Astra Otoparts.