Perbedaan Mobil Transmisi Otomatis Konvensional dan CVT

Riyandy Aristyo
Pada kendaraan matik konvensional, perpindahan transmisi digerakkan seperangkat planetary gear set yang menghasilkan rasio gigi berbeda. (Foto: Saga/Pakwheels)

"CVT digerakkan oleh dua buah puli yang terhubung sabuk baja atau belt. Keberadaan sabuk baja ini yang membuat akselerasi pada matik CVT terasa halus dan tanpa sentakan," katanya.

Menurut Adrian, mengendarai mobil dengan transmisi otomatis CVT, sama rasanya dengan mengemudikan sepeda motor matik jenis Honda Vario. Namun, pada mobil transmisi CVT, punya sistem yang lebih komplex dibandingkan dengan sepeda motor.

"Bagi pengemudi yang suka akselerasi cepat, pasti akan merasa tidak puas dengan mengemudikan mobil menggunakan transmisi CVT dan lebih suka transmisi otomatis jenis AT," katanya.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Motor
6 bulan lalu

Tanda-Tanda Per CVT Motor Matic Bermasalah, Jangan Tunggu Transmisi Rusak Bisa Jebol

Motor
1 tahun lalu

Kapan Waktu Servis CVT Motor Matic? Jangan Abai Tenaga Bisa Lemot dan Boros

Mobil
2 tahun lalu

Hindari Microsleep, Simak Waktu Ideal Berkendara saat Libur Nataru

Motor
2 tahun lalu

Tips Merawat Bagasi Motor, Jangan Simpan Barang Ini!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal