Sejarah Setir Mobil dari Batang Kayu hingga Berteknologi Canggih

Dani M Dahwilani
Bila semula setir hanya berfungsi sebagai kontrol arah kendaraan, kini disematkan berbagai fungsi lain, seperti tombol klakson, audio, airbag, dan lainnya. (Foto: Peugeot)

JAKARTA, iNews.id - Sepanjang sejarah kendaraan, roda kemudi alias setir menjadi bagian vital pada mobil. Roda kemudi terus berevolusi mengikuti perkembangan teknologi baik dari bentuk maupun fungsi.

Bila semula setir hanya berfungsi sebagai kontrol arah kendaraan, kini disematkan berbagai fungsi lain, seperti tombol klakson, kontrol audio, airbag, cruise control, dan lainnya.

Penggunaan setir pertama kali muncul pada 1894 di mobil berdaya empat tenaga kuda, Panhard buatan Alfred Vacheron. Umumnya, mobil pada zaman tersebut masih menggunakan batang kayu sebagai pengatur arah.

Lomba Paris-Rouen, tidak hanya dikenal sebagai ajang balapan semata, namun juga acara publikasi teknologi kendaraan yang diikuti lebih dari 100 mobil. Dalam ajang tersebut, Panhard hanya menempati posisi keempat, namun publikasi mengenai inovasi roda kemudinya tersebar luas.

Pelan tapi pasti, penggunaan roda kemudi mulai menggantikan batang pengatur arah sebagai alat untuk mengendalikan arah roda.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
1 tahun lalu

Jangan Asal Pasang Benda atau Akeseoris di Mobil, Airbag Bisa Tidak Mengembang

Aksesoris
2 tahun lalu

Airbag Bisa Mengembang Sendiri, Honda Recall 750.000 Unit Mobil

Mobil
2 tahun lalu

MPV Listrik Peugeot e-Traveller, Sopir dan Penumpang Dimanjakan Teknologi

Mobil
2 tahun lalu

Peugeot 2008 Bersolek meski Penjualan Belum Dominan, Ini Tampilan Barunya

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal