Oli bocor menjadi ancaman besar karena bisa merusak komponen mesin kendaraan dan membahayakan pengendara lain. (Foto: Istimewa)
Bertold Ananda

JAKARTA, iNews.id - Oli atau pelumas merupakan cairan sangat penting pada mesin kendaraan. Bila mesin terlumasi dengan baik kinerja dan umur kendaraan akan terjaga. 

Namun, bagaimana bila oli mesin bocor? Ini menjadi ancaman besar karena bisa merusak komponen mesin kendaraan dan membahayakan pengendara lain. Sebab itu, perhatikan selalu kondisi kendaraan.

Dilansir dari laman Auto2000, Jumat (3/12/2021), berikut empat ancaman besar bila oli mesin bocor:

1. Timbulkan suara kasar pada mesin

Komponen mesin terbuat dari metal dan alumunium. Jika tidak ada pelumas saat bergesekan akan menimbulkan suara kasar pada mobil. 

Biasanya jika terjadi kondisi seperti ini, indikator temperatur oli pada panel instrumen akan menyala sebagai petunjuk untuk segera dilakukan tindakan. Tidak adanya pelumas oli dalam mesin piston akan bekerja lebih berat, dan yang fatal piston bisa terkunci sehingga tidak bisa dihidupkan.

2. Oli bocor sampai ke kopling bisa slip

Jika kebocoran oli disebabkan dari seal crankshaft belakang, maka yang terjadi oli mesin bisa masuk pada ruang menuju arah kampas kopling. Jika terjadi kampas kopling akan slip dan sulit menstabilkan putaran mesin

3. Mesin porak poranda wajib turun mesin 

Bahaya krusial yang dapat terjadi bila mesin mobil Anda bocor, yaitu internal mesin akan rusak. Tidak ada pilihan lain mobil wajib turun mesin. Hal itu disebabkan ausnya komponen internal mobil kerusakan parah.

4. Bahayakan pengguna jalan lain 

Kebocoran mesin tidak hanya membahayakan mesin kendaran, tapi juga keselamatan pengguna jalan. Tumpahan oli yang bercecer sangat berbahaya membuat jalan menjadi licin. Ini dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT