JAKARTA, iNews.id - Bagi kamu pecinta otomotif, nama Fitra Eri sudah tidak asing lagi. Dengan total lebih dari 3 juta subscriber di kedua channel YouTube utamanya “Fitra Eri” dan “OtoDriver”, Om Fitra sudah menjadi andalan banyak orang Indonesia untuk mengulas berbagai jenis kendaraan terutama mobil.
Menariknya, sebagai car reviewer sejak tahun 2003, Fitra telah melalui dua era jurnalisme yang berbeda, mulai dari era konvensional sebagai penulis, dan sekarang di era digital sebagai content creator dan influencer.
“Kalau dulu, kita tidak pikirkan bagaimana cara bicara di depan kamera, kita tidak memikirkan visual, yang penting kita ambil data mobilnya, kita catat, dan kita lalu tuangkan dalam bentuk tulisan, dan bagaimana caranya orang mengerti tentang kualitas mobil itu hanya dari membaca tulisan,” ujar Fitra dalam interviewnya dengan BuddyKu.
Dia menjelaskan kemampuan untuk beradaptasi adalah hal yang penting jika kita mau bertahan lama dalam sebuah industri.
“Pada saat era berubah, saya sudah memprediksi bahwa di masa depan rang akan lebih malasuntuk membaca dan akan lebih senang untuk menonton video. Kalau kita tetap bertahan dicara ang onvensional, kita akan ditinggal, ita harus beradaptasi dengan platform yang populer dimata orang-orang, akhirnya kita cobalah di Youtube,” katanya
Meskipun sudah berbekal pengalaman jurnalisme, Fitra sendiri harus mempelajari kemampuan baru agar bisa sukses di dunia baruya itu Youtube.
“Di Youtube ini juga ada tantangan nya sendiri, karena kita tidak bisa hanya berbekalpengetahuan otomotif saja. Kita bisa membuat review yang benar, tapi apakah kitabisa menyampaikan dengan cara yang bisa diterima oleh audience kita,” ujar Fitra.
“Karenawalaupunyangkitaomongkanbenar,tapi kalau cara penyampaian kitatidak menyenangkan, kita akhirnya tidak akan ditonton. Kalau cara penyampaian kitamenyenangkan tapi isinya kosong, kita juga tidak akan ditonton,” katanya.
“Inti yang disampaikan tetap sama, tapi caranya kita harus menyesuaikan dengankemajuan zaman,” ujarnya.
Saat ini, Fitra Eri adalah salah satu reviewer mobil paling sukses dan terpercaya diIndonesia, dan dia menjelaskan bahwa kejujuran adalah faktor sangat penting dalammengulas kendaraan.
“Nge-reviewapapunitugampang…Intinya kalau kita me-review,kita harus paham dengan barang yang kita review. Kalau kita sudah paham, kita lalu tau cara menyampaikannya, dan yang paling penting adalah jujur saat menyampaikannya. Karena hasil review kita mempengaruhi keputusan orang untuk membeli atau tidak,” kata Fitra.
“Kita akan sangat bersalah kalau kita membuat orang membeli satu mobil karenainformasi yang kita palsukan… Reviewer itu punya tanggung jawab yang besar,sehingga kita harus jujur. Tapi yang tidak boleh terlupa dari seorang reviewer adalahpengetahuan yang harus di reviewnya,” katanya.
Di era sosial media saat ini, memahami algoritma adalah hal yang penting bagicontentcreator. Namun, Fitra Eri tidak terlalu memusingkan hal tersebut.