Cara kerja turbo pada mobil pastinya perlu diketahui bagi para pemilik kendaraan khususnya yang menggunakan mesin diesel. (Foto: Istimewa)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Cara kerja turbo pada mobil pastinya perlu diketahui bagi para pemilik kendaraan khususnya yang menggunakan mesin diesel. Turbocharger atau turbo meski ada pada mobil bensin, lebih umum digunakan pada kendaraan komersial yang menggunakan mesin diesel guna menambah power pada mesin. 

Turbo adalah komponen sistem induksi paksa (forced induction system) yang mampu meningkatkan tenaga mesin menggunakan sistem gas buang yang berasal dari mesin itu sendiri. Turbo berfungsi menambah asupan udara ke dalam mesin. Ini membuat tenaga yang dihasilkan mesin meningkat.

Selain tenaga menjadi lebih kuat, suara mesin mobil juga akan lebih halus menggunakan turbo. Mobil atau truk bermesin diesel yang tak menggunakan komponen ini kurang memiliki power yang kuat. 

Seiring perkembangan turbo berkembang ddalam beberapa jenis, di antaranya VNT (variable nozzle turbocharger), VCDI (variable geometric common rail direct injection), dan VGT (variable geometry turbocharger) yang sering digunakan pada mobil.

Lantas bagaimana cara kerja turbo pada mobil? Berikut ulasannya.

  • Turbo bekerja dengan cara memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran pada saluran buang sebagai sumber energi.
  • Dengan udara yang mengalir melalui turbin, kompresor akan berputar. Putaran yang dihasilkan dapat mencapai hingga 30 kali lipat lebih cepat dari pada mesin biasa atau umumnya setara 150 ribu rpm.
  • Meski begitu, turbo baru akan bisa bekerja ketika mesin telah berputar pada putaran rpm tertentu. Sebab, turbin baru akan dapat berputar saat gas buang mempunyai tekanan yang cukup.
  • Tiupan gas buang baru akan terjadi saat putaran mesin atau rpm semakin cepat. Ketika tiupan gas buang tersebut semakin kuat, putaran turbin juga akan semakin kencang.
  • Di sisi lain, mesin turbo pada mobil biasanya juga dipasangi intercooler. Komponen tersebut berfungsi untuk menahan panas yang dihasilkan putaran turbin. Intercooler bekerja mengecilkan molekul dengan cara menurunkan suhu pada intake. 
    Semakin kecil molekul udara pada intake, maka udara di mesin akan semakin tinggi dan akan menghasilkan tenaga yang kuat.

Manfaat Turbo pada Mobil

  • Selain membuat power mesin semakin kuat, penggunaan turbo juga dapat lebih menghemat bahan bakar. Sebab, sisa pembakaran dapat dimanfaatkan lagi dan dikembalikan ke ruang bakar.
  • Turbo juga dapat membuat mesin diesel ramah lingkungan. Sebab, pasokan udara dalam mesin cukup melimpah. Ini membuat proses pembakaran jadi jauh lebih maksimal. 
  • Memakai turbo membuat suara bising pada mesin berkurang.

Itulah cara kerja turbo pada mobil khususnya yang bermesin diesel. Kini, banyak kendaraan yang menggunakan mesin turbo agar lebih bertenaga dan efisien.



Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT