Cara Membuat SIM di Arab Saudi (Foto: Istimewa)
Ami Heppy S

JAKARTA, iNews.id - Cara membuat SIM di Arab Saudi ternyata tak jauh beda dengan pembuatan SIM di Indonesia. Terutama untuk berkas yang perlu disiapkan.

Menariknya, jika ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) di Arab Saudi, kamu tidak harus mendatangi kantor polisi seperti di Indonesia.  Sebagai gantinya, kamu harus melakukan serangkaian prosedur pembuatan SIM di sekolah mengemudi setempat.

Untuk lebih jelasnya, simak cara membuat SIM di Arab Saudi yang telah dirangkum iNews.id dari berbagai sumber berikut ini.

Cara Membuat SIM di Arab Saudi

1. Berkas yang Diperlukan

Sebelum mendaftar, ada beberapa berkas yang perlu kamu siapkan untuk membuat SIM di Arab Saudi. Yakni:

1.Formulir pendaftaran
2.Foto ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar
3.SIM asli dari Indonesia atau negara asal
4.Terjemahan SIM negara asal ke bahasa Arab
5.Fotokopi kartu izin tinggal dan paspor
6.Surat keterangan dari sponsor (kafil) yang menyatakan bahwa kamu bisa mengemudi
7.Biaya pendaftaran sekitar 100 SAR/formulir
8.Bukti tes medis terbaru

2. Mendatangi Sekolah Mengemudi 

Setelah semua berkas sudah siap, kamu bisa mendatangi mengemudi terdekat. Serahkan semua berkas yang dipersyaratkan kepada petugas.

Jika berkas sudah lengkap dan memenuhi syarat, kamu akan diberikan jadwal untuk mengikuti kelas teori khusus mengemudi. Namun, kelas ini dapat kamu lewati jika sudah memiliki SIM A dari negara asal.

3. Tes Teori dan Tes Mengemudi

Langkah selanjutnya yang harus kamu ikuti adalah ujian teori. Materi yang diujikan dalam tes ini adalah mengenai rambu-rambu lalu lintas. Kamu juga tak perlu khawatir karena ujian teori ini menggunakan bahasa ibu atau bahasa negara asal.

Setelah lolos ujian teori ini, kamu bisa langsung mengikuti ujian praktik mengemudi. Jika lulus, kamu akan langsung mendapatkan nilai A dan berhak lanjut menuju persyaratan selanjutnya.

4. Pengambilan SIM

Setelah melewati serangkaian tes dan dinyatakan lulus ujian, kamu sudah berhak mendapatkan SIM tersebut. Bawa file SIM ke loket dan tunggu hingga nama kamu dipanggil. Setelah itu, silakan ambil SIM yang selesai dibuat.

Jadi, itulah cara membuat SIM di Arab Saudi yang perlu kamu ketahui.  Semoga bermanfaat.


Editor : Komaruddin Bagja

BERITA TERKAIT