Ide unik Ferrari 488 Pista diadu kecepatan melawan superkart atau dikenal di Indonesia dengan nama Gokart. (Foto: YouTube/Carscoops)
Dani M Dahwilani

JAKARTA, iNews.id - Ferrari dikenal sebagai mobil mewah berperforma tinggi di jalan raya. Driven Media memiliki ide unik mengadu kecepatan (drag race) Ferrari 488 Pista melawan superkart, yang dikenal di Indonesia dengan nama Gokart.

Sebagai perbandingan, Ferrari ditenagai mesin V8 twin-turbo 3,9 liter yang menghasilkan tenaga 710 hp (720 PS/530 kW), sedangkan superkart menggendong mesin 2-tak 250cc yang hanya menghasilkan 85 hp (86 PS/63 kW). 

Untuk bobot, Ferrari 488 beratnya hampir delapan kali lipat dari gokart, yakni 3.054 lb (1.385 kg) dan superkart hanya 397 lb (180 kg).

Bagaimana hasilnya? Mengagetkan, gokart membuat Ferrari kecolongan pada awal balapan drag. Tapi supercar Italia dengan cepat menyalip. Itu berlanjut di depan kart selama sisa balapan. Hasil mengejutkan dalam jarak seperempat mil perbedaan waktunya dengan Ferrari hanya 0,8 detik. 

Perputaran seperempat mil lebih dekat, dengan kart finis kurang dari panjang mobil di belakang. Fakta bahwa kart seharga 8.000 pound bersaing dengan supercar 350.000 pound, menunjukkan betapa pentingnya rasio power-to-weight, bahkan jika Ferrari sedikit lebih baik.

Tidak mengherankan, gokart menang dalam tes pengereman ketika memiliki traksi penuh. Ada dua lintasan lain di mana Gokart saat direm cepat terkunci, tetapi Ferrari baru berhenti beberapa meter. 

Dalam tes lintasan basah, gokart mampu mengalahkan 488. Mobil mungil ini menyelesaikannya dengan kecepatan 15 mph (24 km/jam) lebih cepat dari Ferrari. 


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT