Cukup jalankan mobil pada putaran rendah di kisaran 1.500-2.000 rpm. Jaga putaran mesin tetap konstan dan tidak melaju terlalu cepat agar mobil tidak sulit dikendalikan.
Sebisa mungkin lepaskan injakan pedal kopling dan biarkan mesin mobil melajukan secara konstan. Tahan posisi transmisi di gigi 1 dan jaga agar laju mobil tidak tersendat sehingga kehilangan momentum.
Untuk mobil transmisi otomatis, cukup masukkan gigi transmisi ke-1 atau L (Low). Jangan mempercepat atau menghentikan laju mobil secara tiba-tiba karena akan mengakibatkan air masuk ke dalam mesin.
6. Keringkan Rem dan Kopling
Setelah melewati banjir, piringan rem akan basah dan daya pengereman berkurang drastis. Hindari menambah kecepatan usai melewati genangan air. Keringkan rem dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas bersamaan.
Lakukan ini sekitar 10 detik, lantas cek daya pengereman dengan mengerem secara normal. Bila belum, injak pedal bersamaan lagi. Ulangi terus langkah ini sampai pengereman kembali normal.
Lakukan proses serupa pada pedal kopling transmisi manual. Amati pula kondisi mobil, apakah ada suara aneh dan tidak biasa? Perhatikan pula panel instrumen jika ada indikator kerusakan menyala. Bila ragu, sempatkan sejenak menepi dan memeriksa lebih cermat.