"Di sepanjang balap Formula 1, tim kami dengan cermat telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap. Namun, ada beberapa situasi di mana kami berharap dapat menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk meningkatkan performa, atau situasi sebaliknya," ujar Head of PU Development, Yasuaki Asaki, dalam keterangan persnya, Kamis (25/6/2020).
"Di mana kami ingin menghemat lebih banyak bahan bakar, misalnya saat mobil kami sedang berjalan di belakang safety car. Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” katanya.
Sepanjang balapan, insinyur Honda di ajang F1 secara konsisten mengevaluasi rasio energi yang berhasil didaur ulang dan digunakan dalam sistem hybrid untuk menciptakan performa optimal. Pengalaman membangun mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dan tenaga besar, telah menginspirasi Honda dalam merancang mesin e:HEV pada All New Honda Jazz.
Menggunakan sistem e:HEV, mesin hybrid akan mendaur ulang energi dan memanfaatkannya untuk mengisi baterai dan menciptakan tenaga yang lebih besar. Mesin tersebut terdiri atas dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respons cepat dan halus.
Untuk menciptakan pengalaman berkendara menyenangkan dengan efisiensi bahan bakar optimal, sistem canggih e:HEV hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis di antara tiga mode. Pertama, mode EV Drive, baterai lithium-ion menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung. Kedua, mode Hybrid Drive,: mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik. Ketiga, mode Engine Drive, mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.