JAKARTA, iNews.id - Indonesia merupakan pasar domestik terbesar di kawasan ASEAN. Ini menjadi modal dasar menjadikan Indonesia basis produksi industri kendaraan bermotor (KBM) baik untuk kebutuhan domestik maupun ekspor.
Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengemukakan, ada empat sektor yang dapat mendorong penjualan kendaraan di Indonesia. Pertama, petumbuhan industri logistik yang memerlukan alat transportasi untuk mendistribusikan barang. Kedua, komoditas yang terus tumbuh.
Ketiga, pembangunan infrastruktur jalan terus digenjot pemerintah. Keempat petumbuhan sektor pariwisata dan transportasi di dalam negeri.
"Meski industri otomotif di Indonesia saat ini terdampak pandemi Covid-19, Indonesia memiliki potensi besar karena merupakan pasar domestik terbesar di kawasan ASEAN," ujar Kukuh dalam diskusi virtual bersama Forwin dan Forwot.
Berdasarkan data, Indonesia juga memiliki jalan terpanjang di kawasan ASEAN, yakni 950.974 km. Sementara Filipina hanya 217.456 km, Vietnam 199.567 km, dan Thailand 180.053 km. "Tentu ini membutuhkan alat transportasi untuk mobilitas masyarakat," katanya.