Kenapa Truk Sering Rem Blong, ODOL dan Kelalaian Ini Jadi Penyebab

Dani M Dahwilani
Cut Mutia Fahira
alasan truk rem blong. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Kenapa truk sering rem blong, menjadi pertanyaan yang banyak dilontarkan masyarakat. Ini karena banyak kasus kecelakaan melibatkan truk hingga memakan korban jiwa.

Perlu diketahui, truk memiliki sistem pengereman lebih rumit dibandingkan kendaraan ringan atau penumpang, sehingga kesalahan pengemudi dalam mengatur penggunaan rem dapat berakibat fatal. 

Lalu, kenapa truk sering rem blong? Dirangkum dari berbagai sumber berikut ulasannya.

Kenapa Truk Sering Rem Blong

1. Beban Muatan Melebihi Kapasitas (ODOL)

Penyebab utama truk sering rem blong adalah karena membawa beban melebihi kapasitas yang dianjurkan (Over Dimension Over Loading/ODOL). Ini membuat beban kendaraan semakin berat dan membuat sistem pengereman bekerja lebih keras.

Apalagi saat melewati jalan menurun. Seharusnya pengemudi truk paham cara mengemudi yang aman. Misalnya memakai gigi rendah agar ada bantuan engine brake dan exhaust brake, sehingga tidak menekan rem terus.

2. Kurang pemeliharaan

Jika truk tidak dirawat secara rutin, komponen rem bisa aus atau tidak berfungsi dengan baik. Apabila kondisi ini tidak diatasi bukan tidak mungkin kendaraan akan mengalami rem blong.

3. Kampas rem

Kampas rem yang aus tidak mampu menghasilkan gesekan yang cukup untuk menghentikan kendaraan. Sebab itu, periksa dan gantilah secara berkala sesuai dengan penggunaan kendaraan.

Selain itu, minyak rem bocor atau terkontaminasi air dapat menyebabkan rem blong. Air dalam sistem rem dapat menyebabkan titik didih fluida rem menjadi lebih rendah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan penguapan cepat dan menghasilkan gelembung udara. 

Hal ini mengakibatkan penurunan tekanan hidrolik dan kinerja rem yang buruk. Selain itu, jika jumlah fluida rem tidak mencukupi, tekanan hidrolik yang dihasilkan mungkin tidak mencukupi untuk mendorong kampas rem dengan cukup kuat.

Selanjutnya, backfeeding atau kondisi kampas rem pada sistem rem truk jenis hidraulic (hidrolis) mengalami panas berlebih. Ini bisa terjadi pada truk yang membawa beban terlalu berat atau pengereman pada kondisi tanjakan dan turunan.

Kampas rem sendiri adalah komponen tahan panas, tetapi tetap memiliki batas. Ketika backfeeding kampas rem tak mampu menahan panas berlebihan berubah menjadi licin sempurna. Koefisien gesek dalam situasi tersebut dikatakan nol seperti kaca.

Editor : Muhammad Sukardi
Artikel Terkait
Nasional
48 menit lalu

Prabowo Perintahkan KAI Bangun Pintu Lintasan: Tidak Boleh Ada Kecelakaan Lagi

Megapolitan
4 hari lalu

Lalu Lintas di Kosambi Tangerang Macet Imbas Truk Anjlok 

Megapolitan
11 hari lalu

Hilang Kendali, Mobil Ford Nyemplung ke Kali di Daan Mogot Jakbar

Nasional
11 hari lalu

Dirjen Hubdat Galang Komitmen Menuju Nol Kendaraan Lebih Dimensi dan Muatan 2027

Megapolitan
15 hari lalu

Bus Transjakarta Tabrak Halte Dukuh Atas, Pengemudi Diduga Hilang Fokus

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal