Mengenal Mesin MIVEC di Balik Jantung Pacu Mobil Mitsubishi

Dani M Dahwilani
Mesin Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control System (MIVEC) pertama kali digunakan 1992 pada model kendaraan Mirage.

Mitsubishi kemudian mengembangkan mesin 4B11 MIVEC Twin-Scroll Turbo Engine. Mesin ini memiliki keunggulan lebih lanjut dengan peningkatan respons jauh dibandingkan dengan model 4G63 konvensional. Output maksimumnya adalah 221kW (300PS)/6,500rpm dan torsi maksimumnya adalah 422Nm (43,0kgf・m)/3,500rpm (untuk pasar Jepang).

Mitsubishi merancangnya untuk menghasilkan torsi tinggi dari rentang kecepatan lebih rendah. Mesin jenis ini dapat mencapai performa tenaga luar biasa, termasuk perbaikan gear ratio pada drive train. Fitur terbesar dari mesin ini adalah menggunakan blok silinder die-cast aluminium yang memungkinkan pengurangan bobot mesin itu sendiri sebesar 12,5kg dibandingkan dengan blok silinder besi-konvensional.

Pada jenis ini Mitsubishi Motors juga mengubah tata letak sisi intake dan exhaust, di mana sisi intake di depan bodi kendaraan dan sisi exhaust di belakang. Karena perubahan ini, maka tidak perlu lagi menempatkan pipa exhaust di bawah mesin, sehingga posisi mesin dapat diturunkan sebesar 10 mm dibandingkan model konvensional.

Mesin MIVEC di Indonesia

Teknologi MIVEC juga disematkan pada kendaraan penumpang Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia saat ini. Seperti halnya model flagship Small MPV Mitsubishi Motors, Mitsubishi Xpander dibekali mesin 4A91 MIVEC 1.5L DOHC 16 Valve yang memiliki tenaga hingga 104PS/6.000 rpm dengan torsi maksimum 141Nm/4.000 rpm. Kemampuan dan tenaga yang dihasilkan mesin Xpander menjadikannya semakin lengkap dikombinasikan dengan berbagai fitur pada mobil sehingga memberikan pengalaman berkendara terbaik untuk keluarga.

Dibekali mesin serupa dengan Xpander, Xpander Cross memiliki tenaga maksimum dan torsi yang sama. Namun Xpander memiliki kombinasi mesin dan suspensi canggih dengan katup peredam guncangan sehingga dapat memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan.

Berbeda dengan Xpander, pada Outlander Sport, disematkan mesin 4B11 16 Valve MIVEC DOHC berkapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 150PS/6.000 rpm juga torsi maksimum 20.1 (197 Nm)/4.200 rpm. Meskipun berada pada segmen medium SUV, berbeda dengan Outlander Sport, Eclipse Cross àmemiliki mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L yang dilengkapi dengan Turbocharged, menjadikan torsi lebih bertenaga pada RPM rendah-menengah. Mesin 4 (empat) silinder, Eclipse Cross mampu mencapai tenaga maksimum hingga 150PS/5.500 rpm dan dengan torsi mesin maksimum 250 Nm/2.000-3.500 rpm.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
19 jam lalu

Lahir di Indonesia, Mitsubishi Destinator Masuk Pasar Filipina dan Akan Rambah ke 70 Negara

Mobil
1 hari lalu

Ditopang Destinator, Mitsubishi Targetkan 2.000 SPK di GJAW 2025 

Mobil
4 hari lalu

Hadir di GJAW 2025, Mitsubishi Pamerkan Perjalanan Panjang 55 Tahun di Indonesia 

Mobil
14 hari lalu

Produksi 1,5 juta Unit Kendaraan, Intip Pabrik Truk Mitsubishi Fuso di Indonesia

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal