Mengintip Mobil Listrik Gen3 Evo di Jakarta E-Prix, Akselerasi Lebih Ganas dari Formula 1

Dani M Dahwilani
Mobil balap listrik generasi terbaru, Gen3 Evo, diklaim jauh lebih cepat, lebih ganas, dan lebih canggih dari generasi pendahulunya. (Foto: Dani M Dahwilani/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id – Formula E bakal kembali menyambangi Tanah Air lewat gelaran Jakarta E-Prix 2025 yang akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, pada 21 Juni 2025. Namun bukan sekadar balapan biasa—kali ini ajang prestisius itu akan menampilkan mobil listrik generasi terbaru, Gen3 Evo, yang diklaim jauh lebih cepat, lebih ganas, dan lebih canggih dari generasi pendahulunya.

Tak main-main, mobil balap listrik Gen3 Evo mampu melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam 1,86 detik, menjadikannya kendaraan balap tercepat dalam sejarah Formula E hingga saat ini. Performa tersebut bahkan disebut-sebut 30 persen lebih cepat dibanding mobil Formula 1, dan melampaui kecepatan mobil Gen3 sebelumnya hingga 36 persen.

“Perbedaan utama dari mobil generasi sebelumnya, yaitu mesin yang lebih kuat bisa membuat mobil lebih cepat. Perbedaan lainnya dari jenis ban yang lebih lunak dengan kombinasi mesin bertenaga. Kami memprediksi mobil bisa melaju 3 hingga 5 detik lebih cepat. Tapi yang lebih penting mobil ini dapat melaju dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 1,8 detik,” ungkap Chief Championship Officer Formula E, Alberto Longo, dalam sesi peluncuran di Sirkuit Internasional Ancol, Kamis (19/6/2025).

Tak hanya soal kecepatan, Gen3 Evo juga menghadirkan sejumlah teknologi revolusioner yang memukau. Ini menjadi mobil Formula E pertama yang menerapkan penggerak semua roda (All Wheel Drive/AWD)—memberikan traksi maksimal dan kelincahan luar biasa saat menikung. Teknologi ini memperkokoh cengkeraman ban sekaligus menghadirkan pengalaman balap yang lebih agresif dan efisien.

Sebagai pembanding, Formula E Jakarta 2022 masih mengandalkan mobil Gen2 dengan tenaga 335 Tk dan baterai 52 kWh. Sementara mobil Gen3, yang memulai debutnya di musim ke-10, sudah menghadirkan sistem penggerak ganda dengan output maksimum 350 kW (469 Tk) dalam mode serang dan 300 kW (402 Tk) dalam mode normal.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
5 jam lalu

Apakah Pajak Mobil Hybrid Lebih Mahal daripada Mobil Listrik? Ini Penjelasannya

Mobil
6 jam lalu

Insentif Mobil Listrik Berakhir 2026, Dealer Diserbu Pembeli

Mobil
7 jam lalu

Menjajal Chery J6T di Jalan Off-Road: Tenaga Impresif dan Suspensi Premium

Mobil
2 hari lalu

Chery Luncurkan Varian Baru Mobil Listrik Off-Road J6T, Intip Spesifikasinya

Mobil
3 hari lalu

Terjadi Perang Harga dan Produksi Berlebihan, Industri Otomotif China Terjebak Krisis

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal