Menjajal Deretan Mobil Sport Toyota GR di Sirkuit Mandalika: Antara Adrenalin, Performa dan Stabilitas

Dani M Dahwilani
Jurnal iNews.id mencoba dua mobil sport Toyota kasta tertinggi, yaitu GR Supra dan model terbaru keluarga Gazoo Racing, yaitu GR Corolla di Sirkuit Mandalika, Lombok. (Foto: Dok).

JAKARTA, iNews.id - Toyota menghadirkan deretan mobil sport berperforma tinggi di Indonesia dengan DNA Gazoo Racing (GR). Dalam event Toyota Eco Journey & GR Trackday di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (2/12/2025) jurnalis berkesempatan menjajal deretan mobil Toyota bertenaga sangar di Sirkuit Internasional Mandalika.

Total lima unit mobil Toyota GR Pure dijajal jurnalis, yakni New GR Yaris MT, GR Supra, GR Corolla, serta GR86 MT dan AT. Dalam event ini jurnal iNews.id mencoba dua mobil sport Toyota kasta tertinggi, yaitu GR Supra dan model terbaru keluarga Gazoo Racing, yaitu GR Corolla.

Sirkuit Mandalika mengusung konsep sirkuit jalan raya dengan permukaan aspal jenis Stone Mastic Asphalt (SMA) yang lebih kasar. Ini menjadi kesempatan langka menjajal performa, kecepatan dan stabilitas mobil ini di sirkuit bertaraf internasional.

Tantangan yang dilalui jurnalis adalah menaklukkan lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan, yakni 11 tikungan ke arah kanan dan enam ke arah kiri. Pada jalur utama terdapat lintasan 507 meter menawarkan aksi seru memacu mobil pada kecepatan tinggi dan pengendalian ekstra di tikungan pertama.

Mobil pertama yang dijajal, GR Supra. Mobil sport ini mengadopsi mesin 3.000 cc 6-silinder inline yang secara spartan sanggup menghasilkan tenaga 350 PS pada 5.000-6.500 rpm dan torsi 500 Nm pada 1.600-4.500 rpm. Twin-scroll Turbocharger memastikan engine sanggup menyalurkan power terbaik di setiap rentang putaran mesin ke transmisi 8-speed otomatis.

Begitu jurnalis duduk di balik kemudi, aura sport langsung terasa. Adrenaline untuk memacu mobil ini memberikan pengalaman menantang. Begitu mobil dipacu melawati berbagai tikungan, sports car ikonik ini memiliki redaman yang sangat baik berkat fine tune Adaptive Variable Suspension (AVS). Karakter redaman shock absorber tersebut meningkatkan roll balance dan ride comfort.

Modifikasi pada bushing stabilizer, meningkatkan respons awal kemudi yang sangat krusial bagi sebuah sports car. Electric Power Steering (EPS) dan Vehicle Stability Control (VSC) meningkatkan feeling dan kendali ketika jurnalis meliuk mengikuti kerb. Setelah berputar di sirkuit, mobil seharga Rp2,3 miliar ini tidak hanya memiliki performa tinggi, tetapi kenyaman berkendara harian.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
1 hari lalu

Gunakan Bahan Daur Ulang, Toyota Rehabilitasi Bangun Toilet Umum

Mobil
2 hari lalu

Jajal Performa, Toyota Gelar Ekspedisi Veloz Hybrid Sejauh 4.300 Km

Mobil
2 hari lalu

Toyota Ungkap Seluruh Line-Up Hybrid Sudah Disesuaikan Kontur Jalan di Indonesia

Mobil
3 hari lalu

Toyota Kuasai Market Share 33 Persen di NTB, Avanza Mendominasi

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal