Menjajal Deretan Mobil Sport Toyota GR di Sirkuit Mandalika: Antara Adrenalin, Performa dan Stabilitas

Dani M Dahwilani
Jurnal iNews.id mencoba dua mobil sport Toyota kasta tertinggi, yaitu GR Supra dan model terbaru keluarga Gazoo Racing, yaitu GR Corolla di Sirkuit Mandalika, Lombok. (Foto: Dok).

Berikutnya jurnalis iNews.id, mencoba GR Corolla MT. Mobil ini terasa bertenaga berkat mesin turbo G16E-GTS. Untuk fungsionalitas terbaik, GR Corolla  mempertahankan layout hatchback klasik, yakni lima pintu dan lima penumpang sehingga pas untuk mobilitas sehari-hari. 

Begitu diajak meliuk-liuk di lintasan, mobil seharga Rp1,36 miliar ini terasa bertenaga, namun tetap stabil dan asyik saat diajak bermanuver di Sirkuit Mandalika.

Adapun model lainnya, GR86 di atas kertas memiliki pengalaman berkendara responsif dan powerful, serta desain stylish. Sistem suspensi sebagai penopang kinerja mobil saat manuver cepat ikut direvisi memberikan pergerakan yang dapat diprediksi oleh pengemudi. Alhasil, mobil ini begitu mudah dikemudikan oleh para jurnalis di track balap yang menuntut skill tinggi.

GR86 menggendong Boxer engine dengan kapasitas mesin 4-silinder 2.387 cc. Tenaga maksimal mobil seharga Rp1 miliaran ini mencapai 235 PS pada 7.000 rpm dan torsi 250 Nm pada 3.700 rpm. Distribusi tenaga memanfaatkan Rear Wheel Drive (RWD) atau penggerak roda belakang. Ditambah dengan Torsen limited-slip differential, memberikan traksi yang meyakinkan saat menikung.

Berikutnya, GR Yaris dipersenjatai mesin G16E-GTS 1.600 cc 3 silinder direct injection turbocharger penggerak 4 roda (4WD) GR-FOUR. Tenaganya 300 HP pada 6.500 rpm dan torsinya 400 Nm pada 3.250-4.600 rpm. Mesin mobil seharga Rp1,2 miliar ini merupakan salah satu mesin pabrikan dengan kubikasi kecil dan tenaga paling besar di dunia. GAZOO Racing Direct Automatic Transmission 8-speed memberikan kenikmatan maksimal untuk memperluas pengguna GR Yaris. 

Akselerasi yang kuat dengan perpindahan gigi yang akurat, memastikan mobil dapat melaju kencang dan tetap di bawah kendali. Model-model GR Pure juga mampu mencapai top speed di track lurus karena tenaganya tersalurkan rata di setiap rentang putaran mesin.

Mengendalikan GR Pure dengan panorama alam yang indah di Sirkuit Mandlika menjadi pengalaman menyenangkan. Di mana mobil sport GR yang lahir dari DNA motorsport ini benar-benar mampu dipacu di lintasan oleh pengemudi harian, serta menghadirkan excitement tinggi.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
1 hari lalu

Gunakan Bahan Daur Ulang, Toyota Rehabilitasi Bangun Toilet Umum

Mobil
2 hari lalu

Jajal Performa, Toyota Gelar Ekspedisi Veloz Hybrid Sejauh 4.300 Km

Mobil
3 hari lalu

Toyota Ungkap Seluruh Line-Up Hybrid Sudah Disesuaikan Kontur Jalan di Indonesia

Mobil
3 hari lalu

Toyota Kuasai Market Share 33 Persen di NTB, Avanza Mendominasi

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal