“Data menunjukkan biaya perawatan lebih rendah dan pemeliharaan mesin listrik dalam jangka menengah hingga jangka panjang secara signifikan lebih murah. Ini karena tidak memerlukan perbaikan yang lebih besar daripada mesin ICE,” kata kepala eksekutif We Predict James Davies.
Studi ini juga menyimpulkan biaya perawatan kendaraan terus meningkat. Produsen biasanya mengenakan biaya 731 dolar AS untuk pemeliharaan selama tiga tahun pertama untuk kendaraan model 2018, naik 11 persen dari model 2016. Studi ini juga mengungkap biaya perbaikan naik 4 persen, biaya pemeliharaan meningkat 11 persen, dan kampanye layanan melonjak 35 persen.
“Biaya rata-rata tenaga kerja pada EV bisa dua atau tiga kali lebih tinggi daripada [kendaraan] ICE, karena butuh waktu lebih lama mencari tahu apa masalahnya, sehingga lebih lama menyelesaikannya,” kata Davies.
“Tapi Anda tahu, setelah teknisi [produsen] mengetahui hal ini – dan informasi itu disebarluaskan dan disebarkan ke semua teknisi servis lainnya – kami berharap biaya tenaga kerja tersebut turun,” ujarnya.