SUV terbesar di dunia Dhabiyan dimiliki seorang sultan dari Arab, Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan memiliki 10 roda. (Foto: Instagram)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Pernahkan Anda membayangkan mobil SUV terbesar di dunia? Jika belum, mobil Sport Utility Vehcile (SUV) yang satu ini akan membuat Anda tercengang.

SUV terbesar di dunia tersebut dimiliki seorang sultan dari Arab, Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan. Mobil ini diberi nama Dhabiyan. 

Dhabiyan tampil layaknya kendaraan perang yang memiliki 10 roda. SUV yang tampak sangat panjang dan besar ini didasarkan pada truk militer Oshkosh M1075 dipadukan dengan Jeep Wrangler sebagai kabin.

Berat mobil SUV terbesar ini telah dikonfirmasi Guinness Book of Records mencapai 24 ton. Sementara ukuran Dhabiyan memiliki panjang 10,8 meter, lebar 2,5 meter, dan tinggi 3,2 meter. Untuk jantung pacu SUV tersebut didukung mesin diesel Caterpillar C15 15,2 liter, 6 silinder.

SUV raksasa ini sempat diperkenalkan dalam pameran otomotif di Sharjah. Meski biaya produksinya masih dirahasiakan, tetapi dapat dipastikan dana yang dikucurkan sangat fantastis.

Bak Transformers, Dhabiyan menjadi salah satu dari banyak koleksi mobil mahal milik Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan.


Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan merupakan kolektor mobil paling terkenal di UEA. Dia mendapat julukan The Rainbow Sheikh usai mobil Mercedes S-class custom miliknya dicat dengan warna pelangi.

Sheikh Hamad bin Hamdan Al Nahyan merupakan salah satu anggota keluarga kerajaan Uni Emirat Arab. Dia dikenal sebagai koleksi mobil mewah dan mobil-mobil besar. Hal itu bisa dilihat juga melalui akun Instagram pribadinya yakni, @shhamadbinhamdan. Beberapa koleksinya bahkan telah dikonfirmasi Guinness Book of records.

Dalam sebuah pulau pribadi, dia juga telah memerintahkan agar namanya ditulis dengan saluran air begitu dalam sehingga dapat dilihat dari luar angkasa.


Editor : Dani M Dahwilani

BERITA TERKAIT