JAKARTA, iNews.id - Mewakili delegasi Indonesia, dua wakil dari Toyota Indonesia, Mohammad Khafid Fauzi dari PT Toyota-Astra Motor (TAM) dan Agung Prasetyo dari PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meraih medali dalam ajang ASEAN Skill Competition (ASC) 2018, kategori Car Painting. Masing-masing, Fauzi mendapatkan medali perunggu dan Agung meraih Medali of Excellence.
Perolehan ini menempatkan delegasi Indonesia di posisi kedua dalam ajang ASC 2018, sedangkan posisi pertama ditempati tuan rumah Thailand. ASC 2018 diselenggarakan pada 26 Agustus - 5 September di IMPACT Exhibition and Convention Center, Muang Thong Thani, Thailand, dan diikuti 10 negara dengan jumlah peserta 332 orang dalam 26 kategori kompetisi.
“Ini merupakan pertama kalinya Toyota Indonesia ikut dalam ajang ASC yang sudah berlangsung 12 kali dan mendapatkan prestasi membanggakan. Selamat kepada para pemenang, terima kasih untuk prestasi dan semangat juang yang ditunjukkan. Semoga ini menjadi pemicu untuk dapat terus memberikan yang terbaik khususnya pelayanan yang diberikan Toyota kepada masyarakat,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, dalam keterangan persnya kepada iNews.id, Kamis (6/9/2018).
ASC adalah ajang kompetisi yang diselenggarakan 2 tahun sekali dengan tujuan meningkatkan daya saing ASEAN dan meningkatkan persaudaraan di antara negara-negara ASEAN. Para pemenang ASC 2018, akan diikutsertakan pada ajang yang lebih tinggi, yaitu World Skill Asia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada 24-30 November 2018.
Pada ASC 2018, Indonesia mengikuti kompetisi di 21 kejuruan dari 26 kejuruan yang diselenggarakan. Delegasi Indonesia disiapkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, termasuk dalam penyeleksian peserta, di mana para peserta dipilih langsung oleh kementerian.
Mengenai ajang kompetisi Car Painting, setiap peserta diuji untuk mengembalikan kondisi cat mobil yang mengalami kecelakaan ke keadaan semula atau pra-kecelakaan, melakukan perbaikan kecil. Peserta dituntut mempunyai kemampuan dalam mengidentifikasi kode warna menggunakan berbagai metode, mencampur jumlah warna yang tepat untuk formula yang ditentukan sebelumnya, dan menyemprot kartu uji untuk menguji kesesuaian warna ini sesuai dengan warna dan bayangan aslinya.
“Di Toyota keahlian car painting ini sangat penting, terutama dalam memenuhi kepuasan pelanggan terkait layanan purnajual atau aftersales service,” kata Henry.
Sejalan dengan konsep Total Ownership Experience, Toyota selalu menekankan pentingnya untuk menjaga kepuasan pelanggan di setiap lini, mulai dari produk, teknologi, penjualan, sampai pelayanan purna jual.
"TAM berupaya memberikan layanan secara menyeluruh kepada pelanggan mulai dari ketersediaan informasi produk, proses penjualan, hingga pascapembelian produk. Upaya ini diharapkan dapat makin meningkatkan brand performance Toyota di mata pelanggan sebagai merek mobil yang mampu memuaskan pemilik, dan sebagai produsen mobil yang senantiasa memperhatikan kebutuhan pelanggan dengan memberikan layanan prima," ujar Henry.