TGR berhasil menciptakan transmisi otomatis yang sanggup menghasilkan perpindahan gigi sangat cepat, serta memaksimalkan engine power di semua rentang putaran mesin.
Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang digunakan oleh GR Yaris merupakan salah satu mesin paling efisien dan powerful di dunia. Namun, dapur pacu ini berhasil dimaksimalkan kembali kinerjanya hingga power meningkat signifikan dari sebelumnya 261 PS dan sekarang menyentuh angka 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 newton meter ke 400 newton meter.
Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk memaksimalkan peningkatan pada power. Sekarang, pengendara bisa memilih tiga drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda, yaitu Sport, Normal, dan Eco.
Termasuk juga optimasi sistem GR Four melalui tiga mode, di antaranya Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track yang bisa menyesuaikan distribusi tenaga ke roda depan dan belakang sesuai karakteristik pengendara dan trek yang dilalui.
Panel kontrol dan monitor pada cockpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk mempermudah pengoperasian. Postur berkendara juga telah diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk driver serendah 25 mm yang memperluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.
Dari sisi eksterior, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan sekarang merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan. Serta perubahan desain bumper depan untuk air flow yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.
Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally1 Hybrid di dunia rally, chassis GR Yaris diperkuat yang memungkinkan pengemudi untuk pushing this car to the limit. Body rigidity ditingkatkan melalui spot welding yang lebih banyak 13 persen, penambahan body adhesive sebanyak 24 persen, serta 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.
“Ini berawal dari kebutuhan homologasi World Rally Championship (WRC), aplikasi metode reverse engineering oleh GR justru menciptakan race car berbasis hatchback yang masih sangat kompeten untuk mobilitas harian,” tuturnya.
Di GIIAS 2024, PT TAM mengumumkan penjualan New GR Yaris. Harganya adalah Rp1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp1,198 miliar untuk transmisi automatic (OTR DKI Jakarta), serta tambahan satu warna baru yaitu precious metal menemani warna ikonik platinum white pearl dan emotional red.