9 Penyebab Karburator 2 Tak Banjir dan solusinya, Ini Komponen Harus Diperiksa

Rina Anggraeni
Banyak pemilik sepeda motor bertanya penyebab karburator 2 tak banjir dan solusinya. (Foto: Istimewa/Ilustrasi)

Dampaknya jarum pelampung atau needle valve yang seharusnya menutup lubang bensin juga tidak bekerja. Bensin yang ada di ruang pelampung pun akan terus menerus mengalir dan menimbulkan banjir. 

Kebocoran pelampung tidak bisa diperbaiki, sehingga harus mengganti pelampung dengan yang baru agar bisa berfungsi dengan baik.

7. Seal Mangkok Karburator Mengeras 

Penyebab karburator banjir yang juga sering terjadi adalah seal pada mangkuk karburator yang sudah mengeras akibat penggunaan. Karet seal ini berfungsi untuk menutup bak karburator sehingga bensin tidak keluar. 

Seal ini berada di tengah dan ketika sudah tidak bisa menutup karburator dengan baik, maka muncul rembesan bensin. Artinya bak karburator bocor dan bisa mengganti dengan seal yang baru. Saat ini seal mangkok karbu dijual satu paket dengan jarum pelampung jadi juga bisa jadi antisipasi kalau kerusakan juga terjadi pada jarumnya. 

8. Selang Pembuangan Rusak

Setiap karburator akan terhubung dengan selang pembuangan yang harus dipasang dengan kencang. Pada saat bensin yang masuk ke mangkuk karburator berlebihan maka akan dibuang melalui selang ini. 

Apa yang terjadi jika selang karburator mengalami kerusakan? Tentu saja karburator menjadi banjir, mesin menjadi brebet bahkan mogok. Kerusakan pada selang yang sering terjadi adalah pemasangannya yang tidak kencang sehingga bensin menetes terus menerus. 

Bensin hanya akan terbuang percuma dan cara memperbaiki hanya dengan mengencangkan selang saja. Tapi bisa juga selang rusak karena terjadi penyumbatan sehingga bensin akan naik ke atas dan keluar melalui lubang hawa lalu masuk ke ruang bakar. 

Selain itu, harus mengecek kembali apakah benar terjadi penyumbatan, Jika iya, maka segera perbaiki agar sistem pembuatan karburator berjalan dengan lancar. 

9. Karburator Rusak 

Penyebab karburator banjir yang utama adalah karburator rusak. Ini terjadi pada  motor lawas atau membeli motor bekas.

Kerusakan paling sering disebabkan oleh karat atau kotoran yang telah mengerak. Karburator yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki hanya dengan membersihkan kerak, tapi harus menggantinya dengan yang baru. Harganya lumayan cukup mahal.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
2 tahun lalu

Hindari Microsleep, Simak Waktu Ideal Berkendara saat Libur Nataru

Motor
2 tahun lalu

Tips Merawat Bagasi Motor, Jangan Simpan Barang Ini!

Mobil
2 tahun lalu

Ingat, Pasang Roof Box di Mobil Harus Tahu Konsekuensinya

Mobil
2 tahun lalu

Musim Hujan, Cegah Bodi Mobil Berjamur dengan Cara Ini

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal