Antara kondektur dan pramugari memiliki tugas yang hampir sama, tapi ada perbedaan fungsi dari kedua profesi tersebut. Layanan pramugari identik dengan kemewahan dan fokus melayani penumpang.
Namun, pramugari juga memiliki tugas untuk mendata para penumpang dan memasukkan barang bawaan ke bagasi. Di awal perjalanan mereka juga akan memperkenalkan kru bus yang bertugas dan lokasi tujuan serta perkiraan tiba.
Kehadiran pramugari juga memiliki tujuan untuk menghilangkan kesan menakutkan pada bus AKAP yang di masa lalu kental dengan calo atau tindak kriminal di dalam bus. Hadirnya wanita berparas cantik diharapkan membuat para penumpang lebih nyaman.
Sepanjang perjalanan, pramugari di bus AKAP biasanya akan berada di samping pengemudi, tepatnya di samping pintu masuk. Selain melayani dan memenuhi kebutuhan penumpang, pramugari juga harus sigap ketika bus mengalami kerusakan.
Saat ini, PO bus dengan pelayanan pramugari terbanyak adalah Rosalia Indah, yang mendapatkan rekor MURI sebagai perusahaan otobus pemilik bus double decker terbanyak dengan pelayanan pramugara dan pramugari.
Langkah PO Rosalia Indah dalam menghadirkan pramugari di bus premium mereka juga diikuti oleh perusahaan otobus lainnya. Selain PO Kencana, ada Unicorn Indorent, Narendra, Sudiro Tungga Jaya, Best Premium, dan Harapan Jaya.