Ditopang Avanza Veloz dan Kijang Innova, Toyota Berjibaku Pertahankan Market Leader

Dani M Dahwilani
Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota ditopang segmen MPV dengan total penjualan 105.274 unit atau berkontribusi 57,6 persen. (Foto: TAM)

JAKARTA, iNews.id - Di tengah pandemi Covid-19 yang menantang sepanjang 2020, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan penjualan ritel (retail sales) sebanyak 182.665 unit. Raihan ini kembali menempatkan Toyota sebagai market leader dengan pangsa pasar 31 persen, sama seperti tahun sebelumnya. 

“Meskipun situasi di 2020 cukup menantang, kami berkomitmen untuk tidak pernah berhenti memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, tidak hanya dengan menghadirkan lineup kendaraan lengkap, tapi juga berbagai layanan. Kami bersyukur upaya kami dalam mendukung mobilitas mendapat sambutan baik dari pelanggan dan masyarakat luas. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menciptakan mobility happiness for all,” kata President Director PT TAM Susumu Matsuda, dalam keterangan resminya dilansir Rabu (20/1/2020).

Sebelum pandemi mewabah di Indonesia, Toyota membukukan penjualan ritel 66.599 unit di kuartal pertama (Q1) 2020. Sejalan dengan mulai mewabahnya Covid-19 di kuartal kedua (Q2) penjualan ritel Toyota turun cukup signifikan menjadi 26.366 unit, atau 60,4 persen lebih rendah dari angka di kuartal pertama (Q1).

Namun, secara bertahap penjualan ritel Toyota berangsur membaik karena tidak hanya didukung 13 produk baru, tapi juga program-program inovatif yang menyesuaikan kebutuhan pelanggan di tengah Covid-19, seperti Toyota Spektakuler dan Deal Cermat, termasuk juga yang berbasis digital seperti Toyota Chatbot, mToyota, Halobeng, Toyota Virtual Expo, hingga KINTO yang memperkenalkan cara baru dalam bermobilitas.

Di kuartal ketiga (Q3) Toyota mampu bangkit dengan membukukan penjualan ritel sebesar 35.111 unit, atau naik 33,2 persen dibandingkan kuartal kedua (Q2). Bahkan di kuartal keempat (Q4), penjualan ritel Toyota meningkat signifikan menjadi 54.589 unit, atau 55,5 persen lebih tinggi dari kuartal ketiga (Q3).

Secara keseluruhan, penjualan ritel Toyota ditopang segmen MPV dengan total penjualan 105.274 unit atau berkontribusi 57,6 persen. Di tengah penurunan segmen Low MPV, Avanza Veloz mendongkrak penjualan dengan membukukan 40.728 unit. Secara komposisi berkontribusi 38,7 persen di segmen MPV Toyota. Sementara Kijang Innova berkontribusi sebesar 28,5 persen atau 29.952 unit di sepanjang 2020.

Editor : Dani M Dahwilani
Artikel Terkait
Mobil
3 hari lalu

Bawa 4 Brand, Intip Deretan Mobil Baru dan Konsep Toyota di JMS 2025

Niaga
9 hari lalu

Penjualan Mobil Terjun Bebas, Gaikindo Keukeuh Tak Ingin Ubah Target 850 Ribu Unit

Mobil
9 hari lalu

Pasang Target Rp5,1 Triliun, GJAW 2025 Diharapkan Dongkrak Penjualan Mobil Sedang Lesu

Mobil
11 hari lalu

Toyota Klaim Mobilnya Sudah Bisa Tenggak Etanol 10 Persen sejak 2010

Mobil
14 hari lalu

Toyota Bakal Luncurkan Mobil Baru Pekan Depan, Ini Bocorannya!

Berita Terkini
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
Network Updates
News updates from 99+ regions
Personalize Your News
Get your customized local news
Login to enjoy more features and let the fun begin.
Kanal