Sejumlah ganda putra andalan Indonesia sepanjang masa menarik dibahas. Sebab mereka mengukir banyak prestasi yang mengharumkan nama Ibu Pertiwi. (AFP)
Fitradian Dhimas Kurniawan

JAKARTA, iNews.id - Sejumlah ganda putra andalan Indonesia sepanjang masa menarik dibahas. Sebab mereka mengukir banyak prestasi yang mengharumkan nama Ibu Pertiwi.

Indonesia merupakan salah satu raksasa di dunia bulu tangkis. Sektor ganda putra menjadi salah satu kekuatan terbesar yang dimiliki Tanah Air. Dari dulu hingga sekarang, regenerasi pemain ganda putra terus berjalan.

Sektor ganda putra Indonesia telah lama dikenal dunia dengan prestasi di kejuaraan dunia. Sejak dekade 70-an Indonesia dikenal dengan pasangan ganda putra hebatnya.

Dari sekian banyak pasangan, terdapat setidaknya lima ganda putra yang menjadi andalan. 

Berikut ini 5 ganda putra andalan Indonesia sepanjang masa:

1. Christian Hadinata/Ade Chandra

Christian Hadinata/Ade Chandra. (Foto: BWF)

Christian Hadinata/Ade Chandra ditakuti para pemain yang berlaga pada era 70-an. Begitu banyak gelar berhasil mereka kantongi, di antaranya adalah juara All England 1972 dan 1973 serta medali emas Asian Games 1978 dan 1982.

Selain itu, Christian/Ade juga masuk ke dalam skuat Piala Thomas yang menjadi juara pada 1973 dan 1976. Lalu, titel terakhir yang mereka rengkuh adalah gelar juara dunia 1980.

Setelah itu, performa Ade mulai menurun dan pasangan tersebut berpisah pada awal tahun 1980. Namun, Christian masih terus berprestasi dengan pasangan barunya, yakni Icuk Sugiarto.

2. Rexy Mainaky/Ricky Subagja

Ricky Subagja/Rexy Maniaky– Olimpiade Atlanta 1996 (ganda putra)

Pada era 90-an, Indonesia memiliki Rexy Mainaky/Ricky Subagja sebagai ganda putra yang disegani oleh lawan. Bahkan, pada Olimpiade Atlanta 1996 mereka berhasil membawa pulang medali emas pertama untuk Tim Merah-Putih dari sektor ganda putra.

Berbagai gelar juara juga mampu mereka raih, seperti juara All England 1995 dan 1996, juara dunia 1995, serta Indonesia Open 1993 dan 1994. Selain itu, Rexy/Ricky juga menjuarai Asian Games 1994 dan 1998, serta masih banyak lagi gelar lainnya.

3. Candra Wijaya/Tony Gunawan

Tony Gunawan/Candra Wijaya – Olimpiade Sydney 2000 (Foto: AFP)

Candra Wijaya/Tony Gunawan menjadi salah satu pasangan ganda putra terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Pasalnya, mereka berhasil meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000.

Selain itu, beberapa gelar juara turnamen internasional juga mampu mereka koleksi. Mulai dari Juara Dunia 1997 hingga All England 2003. Namun, selepas menjadi juara di Sydney 2000, Tony memutuskan untuk menjadi Warga Negara Amerika Serikat. Meski begitu, mereka masih sering berpasangan dan tetap berprestasi.

4. Markis Kido/Hendra Setiawan

Markis Kido/Hendra Setiawan merebut emas Olimpiade 2008 usai menghancurkan Cai Yun/Fu Haifeng (kanan) di final. Ganda Korsel (kanan) meraih perunggu. (Foto: dok.BWF).

Sebelum berpasangan dengan Mohamad Ahsan, Hendra Setiawan sangat identik dengan pasangan lamanya, yakni Markis Kido. Sebab, Hendra/Kido berhasil bikin geger publik China setelah menyumbang satu-satunya medali emas untuk Indonesia pada gelaran Olimpiade Beijing 2008.

Apalagi kala itu mereka berhasil menumbangkan pasangan tuan rumah Fu Haifeng/Cai Yun di final. Bahkan, sampai saat ini gelar tersebut merupakan emas terakhir yang didapat oleh sektor ganda putra. Belum ada lagi yang bisa menyamai pencapaian tersebut. Kemudian, mereka merupakan Juara Dunia 2007 dan Juara Asian Games 2010.

Lalu, masih ada banyak gelar juara lainnya yang berlevel Super Series. Pada 2012 lalu akhirnya mereka berdua berpisah usai mengalami puasa gelar selama beberapa waktu. Setelah itu, Hendra berpasangan dengan Mohammad Ahsan dan menyabet banyak gelar lagi, dan kini duduk di ranking dua dunia.

5. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon bisa dibilang merupakan calon legenda bulu tangkis Indonesia. Pasalnya, mereka berhasil mencetak berbagai rekor yang salah satunya adalah pasangan ganda putra terlama yang menduduki peringkat satu dunia.

Pasangan berjuluk Minions itu juga memiliki koleksi gelar yang sangat banyak yang bahkan tidak bisa ditandingi oleh para pasangan legendaris terdahulu. Mulai dari All England, French open, Japan Open, Indonesia Open, China Open dan lain sebagainya.

Itu tadi lima ganda putra andalan Indonesia sepanjang masa. Siapa jagoan Badminton Lovers?



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT