Atlet wushu Indonesia, Edgar Xavier Marvelo (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)
Quadiliba Al-Farabi

ALABAMA, iNews.id - Kontingen Indonesia meraih medali emas pertama di multievent non Olimpiade bertajuk The World Games 2022. Prestasi itu diukir atlet Wushu, Edgar Xavier Marvelo dari cabang olahraga Wushu.

Edgar tampil apik di nomor Taolu Changquan Putra, Rabu (13/7/2022). Bermain di Birmingham Southern Court, Alabama, Amerika Serikat, dia mengalahkan tiga atlet wushu lainnya.

Dia mencatatkan poin sebanyak 9.533. Lebih banyak ketimbang atlet Korea Selatan, Hasung Lee (9.503), atlet Ukraina Roman Reva (9.253), dan atlet tuan rumah Amerika Serikat Alex Ni (9.013).

Indonesia masih mampu menambah pundi-pundi medali di cabor ini. Sebab masih ada tiga pewushu lainnya yang diturunkan kontingen Merah Putih di ajang ini.

Mereka adalah Harris Horatius di nomor Nanquan + Nangun Putra, Nandhira Mauriskha di nomor Changquan putri, dan Alisya Mellynar di nomor Taijiquan + Taijijian Putri.

Cabor ini akan melangsungkan perlombaan pada 12 dan 13 Juli 2022. Sementara ada juga cabor yang diikuti wakil Indonesia yakni Sport Climbing yang berlangsung 14 Juli mendatang.

Adapun atlet Indonesia di cabor ini adalah Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin di nomor speed putra. Kedua pemain ini disinyalir bakal menambah pundi-pundi emas bagi Indonesia.

Sekadar informasi, ajang The World Games ini merupakan tempat unjuk gigi sejumlah cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di Olimpiade. Artinya pada dasarnya ajang ini setara dengan Olimpiade.

Ajang ini berlangsung mulai dari 7 sampai 17 Juli 2022. Bertepat di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT