Fase penyisihan grup Liga Champions 2022/2023 telah selesai dipertandingkan. Selain ada 16 klub yang lolos ke babak gugur ada juga yang turun kasta.(foto: REUTERS).
Ibnu Hariyanto

BARCELONA, iNews.id- Fase penyisihan grup Liga Champions 2022/2023 telah selesai dipertandingkan. Selain ada 16 klub yang lolos ke babak gugur ada juga yang turun kasta ke Liga Europa.

Klub yang turun kasta ke 'Liga malam Jumat' itu menempati peringkat 3 di klasemen grup. Total ada 8 klub yang turun kasta, bahkan beberapa di antaranya memiliki nama besar.

Dari grup A, ada Ajax Amsterdam. Raksasa Belanda itu tak mampu bersaing dengan kekuatan Liverpool dan Napoli. Ajax finis di peringkat 3 dengan poin 6.

Grup B ada Bayer Leverkusen. Leverkusen finis di peringkat 3 di bawah Club Brugge dan Porto. Raksasa Spanyol Atletico Madrid juga tak bisa bersaing dengan Brugge dan Porto.

Grup C ada Barcelona. Raksasa Spanyol itu melempem di fase grup dengan hanya menang 2 kali, sekali imbang dan 3 kali kalah.

Grup D Sporting Lisbon menjadi tim yang turun ke Liga Europa. Sporting kalah saing dengan finalis Liga Europa musim lalu Eintracht Frankfurt dan Tottenham Hotspur.

Grup D ada RB Salzburg, lalu grup F ada Shakhtar Donetsk. Raja Liga Europa Sevilla juga harus bermain di habitatnya usai kalah saing dengan Dortmund dan Manchester City.

Satu lagi klub besar yang harus bermain di Liga Europa yakni Juventus. Raja Liga Italia itu tak bisa mengalahkan dominasi PSG dan Benfica karena hanya menang sekali dan 5 kali kalah.

8 Klub yang turun ke Liga Europa

Grup A: Ajax Amsterdam
Grup B: Bayer Leverkusen
Grup C: Barcelona
Grup D: Sporting CP
Grup E: RB Salzburg
Grup F: Shakhtar Donetsk
Grup G: Sevilla
Grup H: Juventus



Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT