Deretan prestasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon selama duduk di ranking 1 dunia menarik diulas. (Foto: PBSI)
Andhika Khoirul Huda

JAKARTA, iNews.id – Deretan prestasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon selama duduk di ranking 1 dunia menarik diulas. Salah satunya rajai All England 2018.

Minions resmi turun takhta dari ranking satu dunia BWF pada Selasa (20/9/2022). Padahal, sebelumnya mereka sudah menduduki puncak tertinggi sektor ganda putra dunia dengan total 226 pekan di mana 214 pekan diraih secara berturut-turut alias lima tahun sejak 28 September 2017 lalu.

Singgasana Minions direbut oleh pasangan andalan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Perolehan poin juara dunia 2021 itu berada di angka 102050 sehingga sukses melangkahi torehan poin yang dimiliki duet terbaik Tanah Air tersebut yang mengoleksi 100327 poin.

Kendati sudah turun takhta, segudang prestasi telah diukir oleh Marcus/Kevin selama menduduki peringkat satu dunia. Bahkan, mereka sudah mengoleksi 23 gelar juara individu dan tujuh kali menjadi runner up dalam kurun waktu 214 pekan tersebut. Berikut adalah rinciannya.

Prestasi pertama yang diraih Minions usai naik ke peringkat satu dunia pada 28 September 2017 silam adalah menjadi runner up Denmark Open 2017. Namun, selepas itu mereka berhasil meraih tiga gelar juara yakni di ajang China Open, Hong Kong Open dan Dubai World Superseries Finals 2017.

Setelah itu, pada musim 2018, Marcus/Kevin sukses merengkuh sembilan gelar juara yang dimulai pada gelaran Indonesia Masters 2018. Kemudian, mereka juga menjadi yang terbaik di ajang BWF lainnya, yakni India Open, All England Open, Indonesia Open, Japan Open, Denmark Open, China Open dan Hong Kong Open 2018.

Selain itu, Minions juga sukses menyabet medali emas nomor perorangan Asian Games 2018. Lalu, mereka menjadi runner up di French Open 2018.

Pada musim 2019, jagoan Pelatnas Cipayung itu merajai Malaysia Masters, Indonesia Masters dan Open, Japan Open, Victor China Open, Fuzhou China Open, Denmark Open dan French Open. Namun, mereka hanya meraih medali perak di ajang Kejuaraan Bulutangkis Asia.

Berlanjut ke musim 2020, Marcus/Kevin kembali merebut gelar juara Indonesia Masters. Akan tetapi, mereka hanya bisa menjadi runner up saja pada gelaran All England Open.

Kemudian, pada musim 2021 lalu, pasangan bintang Tim Merah-Putih itu sukses mengantongi dua gelar juara di ajang, Hylo Open dan Indonesia Open. Lalu, tiga posisi runner up juga mereka amankan masing-masing di French Open, Indonesia Masters dan BWF World Tour Finals.

Selain di turnamen individu, Minions juga menorehkan sejumlah prestasi di nomor beregu. Mereka mengantarkan Indonesia menyabet medali emas Kejuaraan Beregu Bulutangkis Asia 2018 dan 2020 serta gelar juara Piala Thomas 2020 dan juga medali perak Asian Games 2018.

Kendati memiliki sederet prestasi gemilang, ada dua gelar juara bergengsi yang belum diraih oleh Marcus/Kevin, yakni medali emas Olimpiade dan gelar juara dunia bulutangkis. Tentu saja, diharapkan mereka bisa kembali ke performa terbaik mereka untuk menyempurnakan karier mereka dengan dua gelar yang belum dicapai tersebut. 


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT