MotoGP AS dibatalkan dan menjadi seri kesembilan yang gagal digelar tahun ini. (Foto: MotoGP)
Fitradian Dhimas Kurniawan

AUSTIN, iNews.id – Penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, resmi mengumumkan pembatalan Grand Prix (GP) Amerika Serikat (AS) 2020. Dengan begitu, sudah ada sembilan balapan yang telah dibatalkan.

Sebelumnya, GP Qatar, Italia, Jerman, Belanda, Finlandia, Inggris, Jepang dan Australia sudah dibatalkan lebih dahulu. Kini, GP AS menyusul setelah sempat ditunda.

Sebelumnya, GP AS dijadwalkan pada 5 April lalu. Karena pandemi Covid-19, balapan lalu diundur menjadi 15 November. Karena proses logistik yang rumit, akhirnya Dorna memilih untuk membatalkan balapan.

“Kami dengan menyesal mengumumkan pembatalan GP AS. Sebelumnya balapan ini ditunda karena pandemi virus corona dan mengakibatkan situasi rumit. Sayangnya, kami sekarang harus membatalkan balapan,” bunyi keterangan di laman resmi MotoGP, Sabtu (11/7/2020) dini hari WIB.

Meski begitu, pihak Dorna dan promotor GP AS langsung berusaha untuk menggelar kembali balapan pada April 2021 mendatang. Tak hanya itu, mereka berharap bisa melangsungkan balapan dengan penonton.

“Promotor dan Dorna sudah mulai bekerja mencari tanggal GP AS pada April 2021. Kami juga berencana untuk kembali menyambut penggemar di tempat ikonik ini,” bunyi pernyataan Dorna lagi.

Dengan keputusan ini, kemungkinan besar MotoGP 2020 akan berpusat di Eropa. Untuk sementara, Dorna telah mengumumkan hanya ada 13 balapan yang digelar di negara-negara Benua Biru.

Sementara status GP Thailand, Malaysia dan Argentina untuk sementara masih belum dipastikan. Namun, besar kemungkinan ketiga balapan itu juga akan dibatalkan.



Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT