Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan mengalahkan wakil Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobyashi pada laga semifinal Piala Thomas 2022, Jumat (13/5/2022) malam WIB. (Foto: Instagram/@badminton.ina)
Andhika Khoirul Huda

BANGKOK, iNews.id – Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo, sukses menambah keunggulan tim Merah-Putih menjadi 2-0 atas Jepang dalam partai kedua semifinal Piala Thomas 2022. Mereka menyudahi perlawanan sengit Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dalam pertarungan tiga gim berdurasi 66 menit dengan skor 22-20, 8-21 dan 24-22.

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022) malam WIB, Ahsan/Kevin unggul 3-1 lebih dulu. Sayangnya, mereka kesulitan bertahan dari permainan cepat Hoki/Kobayashi sehingga berbalik tertinggal 3-6.

Setelah itu, pasangan Negeri Sakura terus menekan Ahsan/Kevin dengan smash-smash keras dan tajam. Strategi tersebut terbukti sukses untuk mendulang poin yang membuat mereka unggul 11-5 pada interval gim pertama.

Usai jeda, Ahsan/Kevin masih kesulitan untuk mengembangkan permainan mereka. Hoki/Kobayashi pun terus mendapatkan poin demi poin dan menjauh di angka 15-7.

Akan tetapi, pasangan gado-gado itu tak menyerah begitu saja. Mereka memberikan perlawanan sengit dan mampu memangkas jarak menjadi 15-17 sebelum akhirnya menyamakan kedudukan di angka 20-20.

Pada poin-poin kritis, Ahsan/Kevin bermain sangat apik. Mereka terus menyerang dan akhirnya smash Ahsan menutup gim pertama dengan skor 22-20.

Memasuki gim kedua, permainan Ahsan/Kevin kembali kendor pada awal gim. Hasilnya, mereka tertinggal tiga angka dengan skor 2-5.

Sementara itu, Hoki/Kobayashi terus bermain dalam tempo cepat yang sangat merepotkan pasangan Merah-Putih. Mereka pun memimpin 11-3 pada interval gim kedua.

Usai jeda, Ahsan/Kevin nampak sangat kesulitan untuk keluar dari tekanan. Pertahanan mereka sangat mudah ditembus sehingga sang lawan terus menjauh dengan keunggulan 15-5.

Dominasi Hoki/Kobayashi pun tak dapat terbendung lagi setelah itu. Pasangan ranking empat dunia itu pun sukses merebut kemenangan di gim kedua dengan skor 21-8.

Akan tetapi, pada gim penentuan, Ahsan/Kevin justru memulainya dengan gemilang. Mereka langsung tancap gas dan memimpin tiga angka, yakni 6-2.

Setelah itu, Hoki/Kobayashi sempat mendekat di angka 7-9. Namun, Ahsan/Kevin berhasil menjaga keunggulan mereka saat interval dengan keunggulan 11-8.

Selepas rehat, pasangan Merah-Putih terus memegang kendali permainan. Mereka pun terus menjauh dari sang lawan dan memimpin dengan skor 17-11.

Pertarungan sengit pun tersaji sesudah itu dan membuat Hoki/Kobayashi memangkas jarak menjadi 17-19. Beruntung pukulan Kobayashi menyangkut di net sehingga Ahsan/Kevin menginjak angka 20 lebih dulu.

Sayangnya, pada poin-poin kritis Ahsan/Kevin miss komunikasi tiga poin berturut-turut yang membuat skor menjadi imbang 20-20. Kemudian, setelah skor imbang terus terjadi hingga menginjak angka 22-22, akhirnya Ahsan/Kevin menang dengan skor 24-22.

Pada laga kedua Indonesia akan menurunkan tunggal putra Jonatan Christie. Pemilik sapaan Jojo ini akan menantang Kenta Nishimoto. Jika Jojo menang, Indonesia bisa langsung lolos ke final Piala Thomas 2022.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT