Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. (Foto: Instagram/@badminton.ina)
Andhika Khoirul Huda

BANGKOK, iNews.id – Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menelan kekalahan pada partai ketiga semifinal Piala Thomas 2022 kontra Jepang. Jonatan kalah dua gim langsung dari Kenta Nishimoto dengan skor 20-22 dan 13-21 dalam waktu 57 menit.

Dengan hasil tersebut, Negeri Sakura memangkas ketertinggalan menjadi 1-2. Sebelumnya, Anthony Sinisuka Ginting menang atas Kento Momota dan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengalahkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Jumat (13/5/2022) malam WIB, Jojo –sapaan Jonatan- tampil apik pada awal pertandingan. Dia mengambil inisiatif menyerang dan langsung unggul 5-2 berkat serangannya yang efektif.

Akan tetapi, Jojo melakukan empat kesalahan beruntun yang membuat Nishimoto berbalik unggul 9-8. Beruntung dia langsung bisa bangkit dan unggul 11-10 pada interval gim pertama.

Usai rehat, pertandingan berjalan semakin seru dan menarik. Kedua pemain saling jual beli serangan yang menyebabkan skor terus imbang hingga menginjak angka 17-17.

Setelah itu, kedua pemain tersebut terus saling salip menyalip memimpin dengan selisih satu angka sampai skor 20-20. Namun, karena Jojo melakukan dua kesalahan beruntun pada poin-poin kritis, Nishimoto berhasil mengamankan kemenangan dengan skor 22-20.

Pada gim kedua, permainan pemain jebolan PB Tangkas itu nampak menurun. Dia sering membuat  kesalahan-kesalahan sendiri sehingga tertinggal 7-4.

Kesalahan demi kesalahan pun terus dilakukan oleh Jojo. Pukulannya sering menyangkut dan melebar dari lapangan. Hasilnya, Nishimoto mendapat poin cuma-cuma dan memimpin 11-6 pada interval gim kedua.

Usai jeda, Jojo masih kesulitan untuk keluar dari tekanan dan masih tertinggal lima angka, yakni 10-15. Bahkan, smash yang dilancarkannya dari bibir net jauh keluar dari lapangan sehingga semakin tertinggal di angka 10-16.

Di sisi lain, Nishimoto semakin tampil percaya diri karena terus menambah keunggulannya menjadi 19-12. Dia pun dengan mudah mendapatkan dua poin tambahan untuk menutup pertandingan dengan skor 21-13.

Pada laga keempat Indonesia akan menurunkan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Duet satu ini akan menantang Akira Koga/Yuta Watanabe. Jika Fajar/Alfian menang, Indonesia bisa langsung lolos ke final Piala Thomas 2022.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT