Shi Yuqi tak masuk dalam skuad Tim China di Piala Thomas 2022. Presiden Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA), Zhang Jun menyebut Shi Yuqi diskors.(Foto: Youtube/BWF TV)
Andika Rachmansyah

BEIJING, iNews.id- Tunggal putra Shi Yuqi tak masuk dalam skuad Tim China di Piala Thomas 2022. Presiden Asosiasi Bulu Tangkis China (CBA), Zhang Jun menyebut pemain nomor 16 dunia itu skors selama satu tahun.

Shi Yuqi seolah menghilang dari dunia bulu tangkis di tahun 2022 ini. Dia tak ikut dalam beberapa turnamen yang telah digelar tahun ini.

Banyak rumor menyebut Shi Yuqi cedera hingga gantung raket. Namun teka-teki tentang kondisi Shi Yuqi pun terkuak.

Shi menghilang dari dunia tepok bulu karena dirinya sedang menjalani hukuman. Pemain kelahiran Nantong itu saat ini telah diskors dari Pelatnas China selama satu tahun lamanya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Zhang selaku presiden CBA. Dia mengungkapkan hukuman tersebut dijatuhkan karena Shi dianggap tidak menunjukan sportivitas pada semifinal Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Denmark.

Kejadian tersebut ketika sang pemain memutuskan menyerah saat  melawan wakil Jepang, Kento Momota. Kala itu, Shi memutuskan untuk menyerah di gim kedua saat tertinggal 5-20.

Tak hanya itu saja. Dia kembali berulah ketika wawancara pasca laga. Shi mengatakan kalau mundur di poin tersebut karena tidak ingin menerima kekalahan.

“Yah, jika dia masih di poin ke-20, itu artinya saya tidak kalah kan,” ucap Shi.

Jelas saja perilakunya itu sangat jauh dari kata sportif. Hal itu langsung membuat Zhang selaku presiden CBA mengambil sikap. 

Shi pun diskors selama satu tahun dengan harapan dapat mengintrospeksi diri karena kesalahan yang telah diperbuat.

“Tentang Shi Yuqi, sesuatu yang tidak baik terjadi di semifinal Piala Thomas tahun lalu, dia mengundurkan diri dari pertandingan di match point. Dan setelah pertandingan,” kata Zhang, dilansir dari Badminton Planet, Sabtu (7/5/2022).

“Lalu dia membuat beberapa komentar yang tidak bertanggung jawab dan tidak dewasa. Oleh karena itu, setelah peninjauan internal oleh pelatih kami, kami telah memutuskan untuk menskors dia selama satu tahun,” ujarnya.

Shi Yuqi pun tak bisa berlaga di turnamen bulu tangkis bergengsi. Dia juga tak dibawa ke skuad Tim Thomas China,

“Dia tidak akan berlaga di Piala Thomas tahun ini. Selama satu tahun skorsing, kami berharap dia bisa mengambil kesempatan untuk melakukan refleksi diri dan melihat masalah dan tindakannya sendiri,” tuturnya.

Sekadar informasi, di Piala Thomas 2022 kali ini, China tergabung di Grup B bersama Denmark, Prancis, dan Aljazair. Gelaran tersebut akan digelar di Bangkok, Thailand, pada 8 hingga 15 Mei 2022.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT