Presiden Joko Widodo. (Foto: dok iNews.id)
abdriandi

JAKARTA, iNews.idPresiden Joko Widodo (Jokowi) menilai kesuksesan Asian Games 2018 menjadi modal untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah olimpiade di 2032.

Ya, Indonesia memang sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018 serta Asian Paragames 2018. Jokowi menganggap hal itu membuat Indonesia lebih dipandang di wilayah internasional.

Dalam pengajuan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Indonesia akan bersaing dengan sejumlah negara, yakni Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, China dan India.

“Asian Games maupun Asian Paragames di 2018 telah sukses kita selenggarakan. Ini membuka rasa percaya diri, juga membuka mata dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam event internasional,” kata Jokowi dalam siaran melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (4/11/2020).

“Oleh sebab itu, pada 2018 kita secara resmi mencalonkan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Dan, untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, kita harus bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, China dan India,” ujarnya.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada 2024. Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.

Tujuan pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032 ini memiliki beberapa misi lain. Salah satunya sebagai momentum untuk membangun berbagai macam aspek yang masih kurang.

“Menjadi tuan rumah ini bukan untuk gagah-gagahan. Tetapi, salah satu cara untuk meningkatkan citra dan martabat bangsa,” tutur Jokowi.

“Untuk itu, pencalonan ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk menata dan memperbaiki diri dalam berbagai hal yang selama ini masih kurang, mulai infrastruktur, keolahragaan, kemudian yang behubungan denganprestasi atlet dan juga visibilitas kota penyelenggara,” ucapnya.


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT