Petarung UFC asal Nigeria, Kamaru Usman secara fantastis mengalahkan lawannya Jorge Masvidal dalam dua ronde. Usman dapat dikatakan sebagai petarung terbaik. (foto: Reuters)
Quadiliba Al Farabi

FLORIDA, iNews.id- Petarung UFC asal Nigeria, Kamaru Usman secara fantastis mengalahkan lawannya Jorge Masvidal dalam dua ronde. Usman dapat dikatakan menjadi petarung UFC terbaik saat ini.

Pertarungan Kamaru Usman lawan Jorge Masvvidal tersaji dalam ajang UFC 261 di VyStar Veterans Memorial Arena Jacksonville pada Minggu (25/4/2021) pagi WIB. Duel ini dihadiri oleh penonton untuk pertama kali pascalockdown pandemi Covid-19. 

Ini kedua kalinya Usman menang atas Masvidal. Duel sebelumnya tersaji pada UFC 2020 di Fight Island, Abu Dhabi. The Negerian Nightmare menang dengan skor 50-45, 50-45, dan 49-46.

Dengan kemenangan hari ini, memperpanjang rekor tak terkalahkan Usman secara beruntun menjadi 14. Catatan ini mengungguli beberapa petarung terbaik di masing-masing divisinya, termasuk Khabib Nurmagomedov di kelas ringan dengan capaian 13 kemenangan beruntun.

Usman juga memperpanjang catatan kemenangan sepanjang kariernya di UFC menjadi 19 dengan hanya sekali kalah. Usman hanya sempat kalah dari Jose Caceres pada 2013 silam.

Rentetan hasil gemilang Usman membawanya kembali mempertahankan gelar juara kelas welter untuk kelima kalinya. Berkali-kali sabuk yang digenggamnya ingin direbut oleh para pesaing teratasnya seperti Colby Covington, Gilbert Burns, Leon Edwards dan terakhir Masvidal.

Torehan ini memunculkan reaksi dari Presiden UFC Dana White. Menurutnya, saat ini Usman dapat dipercaya menjadi petarung terbaik di dunia dan siap mempertahankannya sepanjang masa.

“Saya pikir kita semua bisa setuju tidak peduli bagaimana perasaan Anda - pria itu dicemooh di sana malam ini - dia salah satu yang terbaik dan dia sedang dalam perjalanan untuk menjadi yang terhebat sepanjang masa,” kata White dalam akun Twitternya, Minggu (25/4/2021).

Perkataan White pun diperkuat dengan ranking yang diperoleh Usman pasca pertandingan ini. Selain mengukuhkan diri berada di pemuncak ranking kelas welter, Usman merangsek ke papan atas ranking pound-for-pound (antar divisi kelas).

Dia merangsek ke peringkat nomor 2 pada daftar pound-for-pound UFC setelah sebelumnya di posisi 4. Dia menggeser posisi Alexander Volkanovski dan Israel Adesanya.

Usman hanya berada satu peringkat di bawah di belakang mantan juara kelas berat ringan yang naik ke kelas berat Jon "Bones" Jones. Jones pun telah pensiun pada 2020 lalu, berarti kesempatan Usman menyalipnya masih terbuka lebar.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT