Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB, Minggu (21/11/2021). (Foto: Antara/Dhimas B.P.)
Cikal Bintang Raissatria

LOMBOK, iNews.id- MotoGP Mandalika 2022 dikabarkan menuai polemik karena terbentur dengan regulasi protokol kesehatan di Indonesia. Namun, pemerintah menegaskan bakal menerapkan aturan baru untuk menjamin keberlangsungan MotoGP Mandalikan 2022.

Polemik itu muncul setelah Dorna Sports disebut menolak mengikuti aturan karantina di Indonesia. Namun, kabar itu baru saja diluruskan oleh Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022, Marsekal (Purn) TNI Hadi Tjahjanto

Menurutnya, akan ada sistem aturan baru di Indonesia bernama Travel Bubble untuk kelangsungan MotoGP Mandalika 2022.

Aturan ini nantinya akan meringankan para pembalap dan kru tim MotoGP yang masuk ke Indonesia. Dalam aturan ini, nantinya para pembalap dan kru tidak perlu melakukan karantina selama 14 hari.

"Khusus pemain pembalap pendukung kru nantinya akan datang di pra musim (11-13 Februari) 900 orang dan Maret (18-20) 2.500 orang. Jadi seperti yang dilakukan di Sepang Malaysia, saat ini kita juga melaksanakan travel bubble," kata Hadi dalam pertemuan secara daring pada Jumat (21/1/2022).

Hadi mengatakan protokol kesehatan dalam penerapan sistem travel bubble akan tetap ketat. Nantinya, para pembalap hanya akan berada dalam tempat yang sama dan bertemu dengan orang yang sama.

“Untuk karena itu, kita laksanakan menggunakan travel bubble sehingga mereka ketemunya ya itu itu saja. Namun kita berikan kesempatan juga di paddock, akan tetapi ketemunya itu itu saja," ujarnya.

"Namun, aturan-aturan untuk masuk tetap sesuai prosedur, saya minta tetap ada hasil negatif PCR, maka akan masuk ke Indonesia, kemudian setelah itu mereka akan mengikuti sesuai prosedur,” katanya. 

Sebelumnya sistem ini juga sudah diterapkan di ajang Indonesia Badminton Festival 2021 di Bali pada akhir tahun lalu. Kala itu, seluruh pemain dari berbagai negara hanya ditempatkan dalam satu area baik selama penyelenggaraan berlangsung.

Gelaran MotoGP Indonesia akan berlangsung pada 18-20 Maret 2022. Sementara tes pra musim akan digelar pada 11-13 Februari 2022.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT