Marc Marquez. (Foto: Fox Sports)
Hendry Kurniawan

BARCELONA, iNews.idRepsol Honda kabarnya akan menentukan nasib Marc Marquez hari ini. Pembalap asal Spanyol itu telah menepi dari lintasan balap hampir sepanjang Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 berlangsung usai patah tulang di bagian lengan kanannya pada kecelakaan saat melakoni seri perdana.

Sejak saat itu, Marquez harus masuk ke ruang perawatan. Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut bahkan harus menjalani dua kali operasi. Karena pada awal Agustus 2020 pelat yang dipasang pada lengan kanan Marquez mengalami kerusakan.

Hingga akhir Oktober 2020 masih belum dapat dipastikan apakah Marquez bisa kembali mengikuti balapan MotoGP di sisa musim ini. Akan tetapi, berdasarkan laporan yang dimuat media Spanyol, AS, nasib sang juara bertahan bakal ditentukan hari ini, Selasa (3/11/2020).

Hari ini tim ahli ortopedi pasalnya akan melihat kondisi lengan kanan Marquez yang mengalami patah tulang di humerus. Apakah sudah pulih atau belum. Jika sudah, maka ada kemungkinan Marquez bisa ikut serta dalam balapan tersisa.

Marquez memiliki tekad yang sangat kuat untuk bisa kembali ke lintasan balap. Tetapi kali ini The Baby Alien tidak berniat terburu-buru. Dia hanya akan berbaris lagi di grid start hanya ketika lengan kanannya sudah sepenuhnya pulih.

Namun, terlepas dari hasil pemeriksaan Marquez yang akan diumumkan hari ini, The Baby Alien bakal absen dalam gelaran MotoGP Eropa 2020. Sebab, balapan tersebut akan dihelat akhir pekan ini, Minggu 8 November 2020.

Jika Marquez sudah dinyatakan pulih, kemungkinan juara dunia delapan kali itu baru bisa kembali ke lintasan pada MotoGP Valencia 2020 yang akan berlangsung 15 November. Marquez tentunya membutuhkan waktu juga untuk mempersiapkan diri.

Kendati demikian, pembalap penguji Honda, Stefan Bradl, sebelumnya mengisyaratkan Marquez tak akan kembali berlaga di MotoGP 2020. Sebab, Bradl sudah diamanahkan untuk menjadi pembalap pengganti hingga gelaran musim ini selesai.

“Saya akan menutup musim ini. Mereka memberi tahu saya kemarin di Honda dan saya tidak tahu apakah saya bisa mengatakannya secara resmi, tapi itu fakta,” ucap Bradl.

“Marc harus berpikir untuk kembali ke 100 persen. Jadi baginya tidak ada gunanya mengambil risiko untuk mencoba lagi sebelum kembali secara maksimal,” tuturnya.


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT