Pembalap Ducati Lenovo Jack Miller saat memacu tunggangannya pada seri MotoGP Prancis 2021 di Sirkuit Le Mans, Minggu (16/5/2021) malam WIB.
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata Jack Miller menarik untuk dibahas. Dia merupakan pembalap MotoGP asal Australia yang baru saja menjadi sorotan.

Fans MotoGP memberikan sorotan berlebih untuk Jack Miller baru-baru ini. Pembalap dari tim Ducati Lenovo itu terkena hukuman penalti 3 grid setelah dianggap menghalangi Fabio Quartararo pada sesi kualifikasi 2 MotoGP Argentina 2022. Saat itu, Jack Miller dianggap sengaja melaju dengan lambat untuk menghalangi pembalap dari Monster Energy Yamaha tersebut.

Meski mengaku tidak sengaja, Jack Miller terpaksa kena penalti dari ofisial. Dia pun turun tiga tingkat saat start di sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (4/4/2022) dini hari. Miller terpaksa memulai balapan di posisi 14 dari yang seharusnya di posisi 11 pada hasil kualifikasi.

Semua bermula ketika Miller terjatuh di tikungan pertama. Dia kemudian kembali ke trek menggunakan motor cadangan. Namun ketika memasuki tikungan 7, Miller terlihat melambat sehingga seolah tampak menghalangi laju motor Quartararo yang kebetulan ada di belakangnya.

Hal itu itu sempat membuat Quartararo menunjukkan gestur kecewa kepada Miller. Akibat mendapatkan penalti, Jack Miller terpaksa mengakhiri balapan dengan finis di urutan ke-14.

Gesekan antara Miller dan Quartararo sebenarnya sudah terjadi ketika race di sirkuit Mandalika, Indonesia. Dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, berikut ini adalah profil biodata Jack Miller yang menarik untuk disimak.

Profil Biodata Jack Miller

Nama lengkap: Jack Peter Miller

Tempat lahir: Townsville Australia

Tanggal Lahir: 18 Januari 1995

Usia : 26 tahun

Tim Saat Ini: Ducati Lenovo

Akun Instagram: @jackmilleraus

Perjalanan Karier Jack Miller

Dia mulai di motor trail, dan menjadi juara Sepeda Motor Trail Australia dalam kategori 65cc pada tahun 2003.

Miller sempat menyabet gelar kejuaraan Australia berturut-turut pada tahun 2005, 2006 dan 2007. Selain itu, banyak juga gelar lokal di kelas motor trail dan acara motorcross yang berhasil didapatkannya.

Memasuki tahun 2011, Miller mencoba tantangan baru dengan menjajaki Eropa. Dia mengikuti serangkaian kejuaraan dalam ajang kategori IDM Jerman 125cc.

Penampilannya menarik perhatian tim Forward Racing dari Caretta Technology asal Italia untuk merekrut Miller di ajang Kejuaraan Moto3 2012. Di tahun tersebut, Miller belum bisa menunjukkan penampilan terbaiknya. Sebab, dia hanya bis finis di urutan k-23.

Meski begitu, dia secara perlahan mampu menunjukkan performa terbaiknya. Terbukti, dia tampil sebagai runner-up sebanyak 6 kali dan 8 kali menang balapan di gelaran Moto3 2014.

Miller kemudian dipercaya naik kelas langsung ke MotoGP dengan memperkuat tim satelit Honda, LCR Honda bersama Cal Crutchlow pada musim MotoGP 2015.

Pada musim perdananya, dia hanya mampu finis di urutan ke-19 dan mengemas 17 poin. Miller bersama tim satelit Honda tersebut selama tiga musim.

Kemenangan perdananya dalam ajang MotoGP terjadi di Sirkuit Assen pada 26 Juni 2016. Miller sukses memberikan dua catatan sejarah. Sosoknya pun dinobatkan sebagai pembalap asal Australia yang memenangkan MotoGP selepas terakhir tahun 2012 oleh Casey Stoner.

Pada 2018 dia bergabung dengan tim satelit Ducati. Merasakan selama tiga musim dengan Pramac Racing. Karena performanya terus menanjak, Miller pun mendapat kesempatan membela tim pabrikan Ducati di musim 2021.

Tahun 2022, Miller mengawali musim dengan tidak terlalu baik. Dia finis di urutan terakhir di GP Qatar 6 Maret 2022. Di GP Mandalika Indonesia, Miller sempat podium di urutan ke-4. Namun saat di Argentina, dia hanya finis di urutan 14 karena sempat mendapatkan penalti.

Itulah profil biodata Jack Miller. Aksinya di MotoGP kerap menjadi perhatian karena mampu menyulitkan kompetitornya.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT