Wakil Kaltim, Chelsie Monica Sihite (tengah) berhasil meraih medali emas catur PON XX Papua 2021 nomor kilat Perorangan Putri. (foto: PB PON XX Papua 2021)
Andika Rachmansyah

MERAUKE, iNews.id- Atlet catur wakil Kalimantan Timur, Chelsie Monica Sihite berhasil meraih medali emas cabang olahraga catur PON XX Papua 2021 nomor kilat Perorangan Putri. Dia berhasil menumbangkan wakil Jawa Barat, Irene Kharisma Sukandar dan wakil DKI Jakarta Theodora Walukow. 

Dalam perlombaan tersebut, dia tidak langsung dapat medali emas. Sebab, pada babak terakhir ada 3 pecatur yang sama-sama mengemas 8 poin yaitu Chelsie, Irene, dan Dora. Ketiganya harus memaikan babak play-off.

Chelsie tampil mengesankan dengan menundukkan Irene yang memiliki gelar Internasional Master.  Chelsie juga menumbangkan atlet catur muda, Dora.

Kemudian, Irene berhasil mengalahkan Dora. Hal tersebut menjadikan Chelsie mendapat medali emas dan Irene merebut perak.

Dora tampil sempurna dengan menyapu bersih semua lawan-lawannya dari babak satu hingga babak delapan. Namun dia harus puas dengan perolehan medali perunggu. 

Raihan perunggu ini merupakan pengalaman berharga buat Dora. Sebab di usia yang masih muda, Dora sudah bertanding dengan dengan pecatur wanita andalan Indonesia dalam turnamen resmi.

Sementara di kategori Perorangan Putra, Arif Abdul Hafiz dari Jawa Barat merebut medali emas setelah membukukan 8 poin dari sembilan babak. Lalu disusul oleh Yoseph Theolifus Taher dari Papua dan Kahfi Maulana dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan medali perak dan perunggu setelah masing-masing menorehkan 6½ poin.

Lalu pada Kelompok Perorangan Terbatas, Danny Yuswanto dari Banten merebut medali emas dengan 7½ poin. Disusul oleh Ronny Gunawan dari Jatim yang meraih perak dengan 7 poin dan MN Syarif Hidayat dari Jabar perunggu dengan 6 poin.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT