BWF merilis ranking terbaru, Selasa (27/9/2022). Banyak perubahan peringkat salah satunya ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.(Foto: Twitter/@INABadminton)
Cikal Bintang Raissatria

KUALA LUMPUR, iNews.id- Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merilis ranking terbaru per Selasa (27/9/2022). Banyak perubahan peringkat salah satunya ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kembali mengalami penurunan.

Dikutip dari laman resmi BWF, Selasa (27/9/2022), The Minions -julukan Marcus/Kevin- kembali mengalami penurunan setelah pencairan kedelapan pada pekan lalu. Setelah turun takhta dari peringkat satu dunia, Marcus/Kevin kini tergeser ke posisi ketiga.

Ranking kedua kini diambil alih oleh Lee Yang/Wang Chi Lin (Taiwan) yang memiliki 98.518 poin. Sedangkan, Marcus/Kevin berada di peringkat ketiga dengan raihan 97.727 poin. Wakil Indonesia lainnya di sektor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tetap berada di peringkat keempat dengan 94.895 poin.

Hal serupa juga terlihat dari ranking Fajar Alfian/Mohammad Rian Ardianto, yang berada di peringkat keenam dengan 84755 poin. Ganda putra Indonesia lainnya, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mengalami kenaikan satu peringkat.

Pramudya/Yeremia kini berada di ranking ke-12, Fikri/Bagas berada di ranking ke-15, dan Leo/Daniel menempati ranking ke-16. Peningkatan ranking ini membuktikan ketiganya berkembang dengan cukup baik.

Beralih ke sektor tunggal putra, ranking Anthony Sinisuka Ginting (ranking 6) dan Jonatan Christie (ranking 8) tak mengalami perubahan. Anthony memiliki 83.979 poin, sedangkan Jonatan mengoleksi 76.912 poin.

Perubahan terjadi pada peringkat Shesar Hiren Rushtavito, yang naik satu tingkat ke ranking 23 dengan 52.013 poin. Sedangkan, Chico Aura Dwi Wardoyo turun satu tingkat menjadi ranking 26 dunia usai mengoleksi 49.458 poin.

Berlanjut ke sektor ganda putri, peringkat Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti naik dua tingkat. Keduanya berhasil menempati ranking ke-26 dunia 45690 poin. Selain itu, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga naik dua tingkat ke ranking 33 dunia,

Pada sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung naik satu peringkat menjadi ranking 22 dunia dengan koleksi 51.461 poin. Sementara, Putri Kusuma Wardani juga mengalami kenaikan menjadi ranking 38 dunia.

Pada sektor ganda campuran, peringkat Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti tak mengalami perubahan. The Honey Couple -julukan Praveen/Jordan- kini memiliki 82999 poin dan duduk di peringkat kelima dunia.

Sementara, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja turun satu peringkat menjadi ranking 16 dunia. Keduanya disusul oleh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang berada di ranking ke-17 dunia.

Tak hanya pemain Indonesia, pemain-pemain top dunia juga mengalami perubahan peringkat. Hal yang paling menyita perhatian yakni dua jagoan Jepang yakni Kento Momota dan ganda putri Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Dua andalan Jepang yang pernah berada di peringkat 1 dunia itu merosot jauh. Momota kini berada di peringkat 5 dunia, sedangkan Fukushima/Hirota di peringkat 7.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT