Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon. (Foto: AFP)
Fitradian Dhimas Kurniawan

BIRMINGHAM, iNews.id - Setelah satu tahun tak beraksi, ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon tampil di All England 2021. Mereka mengalahkan wakil Inggris, Matthew Clare/Ethan Van Leeuwen dengan skor 21-12, 19-21 dan 21-9 pada babak 32 besar di Utilita Arena, Rabu ( 17/3/2021).

Begitu game pertama dimulai, Clare/Van Leeuwen dapat tampil lebih baik dan sempat memimpin 2-0. Sedangkan Kevin/Marcus yang menjalani turnamen pertamanya sejak setahun lalu masih belum bisa menemukan ritmenya.

Meski begitu, akhirnya pasangan berjuluk Minions itu menemukan sentuhan terbaiknya. Hal itu membuat mereka bisa mengejar Clare/Van Leeuwen, dan membuat kedudukan menjadi imbang 6-6.

Setelah itu, Kevin/Marcus mampu mematikan langkah Clare/Van Leeuwen. Kejadian itu membuat mereka dapat berbalik memimpin dengan angka 11-8 ketika mencapai interval.

Kevin/Marcus pun mulai menampilkan permainannya yang agresif. Mereka nyaris tak memberikan Clare/Van Leeuwen ruang, dan dapat memperlebar keunggulan 19-10. Game pertama kemudian menjadi milik Kevin/Marcus dalam tempo 11 menit saja.

Pada game kedua, Kevin/Marcus tampak kehilangan fokus. Hal itu membuat mereka sempat tertinggal 0-6 dari Clare/Van Leeuwen. Kevin/Marcus berusaha bangkit, namun tetap tertinggal 7-11 ketika interval.

Keadaan itu membuat Kevin/Marcus berusaha untuk melakukan tekanan. Mereka lalu dapat memangkas ketertinggalannya menjadi 9-12. Sayang, Clare/Van Leeuwen bisa kembali menjauh 16-10.

Clare/Van Leeuwen berusaha memanfaatkan momentum dan menjaga keunggulannya 19-14. Kevin/Marcus tak menyerah begitu saja dan membuat skor imbang 19-19.

Namun, pada akhirnya Clare/Van Leeuwen yang kembali memimpin 20-19. Kesalahan dibuat Kevin/Marcus dan memastikan fase kedua milik Clare/Van Leeuwen dan laga menuju rubber game.

Pada game penentuan, Kevin/Marcus tampil sangat agresif. Hanya dalam waktu singkat, mereka langsung membangun keunggulan dengan skor 4-1 atas Clare/Van Leeuwen.

Kevin/Marcus terus memberikan tekanan agar Clare/Van Leeuwen melakukan kesalahan. Hasilnya, mereka pun dapat memimpin 11-4 ketika laga mencapai interval.

Setelah itu, Kevin/Marcus nyaris tak memberikan ruang untuk Clare/Van Leeuwen. Hasilnya, Minion dapat memimpin 20-9, sebelum memenangkan laga dalam tempo 43 menit.


Editor : Abdul Haris

BERITA TERKAIT