Drama lima gol tersaji di Stadion Atleti Azzurri d'Italia ketika AC Milan menaklukkan tuan rumah Atalanta 3-2. (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)
Andhika Khoirul Huda

BERGAMO, iNews.id – Drama lima gol tersaji di Stadion Atleti Azzurri d'Italia ketika AC Milan menaklukkan tuan rumah Atalanta 3-2. Kedua tim bersua pada giornata ketujuh Liga Italia, Senin (4/10/2021) dini hari WIB. 

Kemenangan itu membuat Milan kini bertengger di posisi kedua klasemen sementara mengemas nilai 19. Klub Kota Mode Italia itu  tertinggal 2 angka dari Napoli di singgasana.

Jalannya pertandingan

Milan langsung tancap gas sejak detik pertama pertandingan. Mereka mampu mencetak gol pada menit pertama lewat Davide Calabria.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu mendapat umpan terobosan dari Theo Hernandez dan langsung menembakkan tendangan ke gawang Atalanta. Sepakan pertamanya bisa ditepis oleh Juan Musso tapi bola rebound yang kembali ke arahnya langsung ditendang lagi dan masuk ke gawang.

Meski tertinggal, Atalanta masih bisa mengembangkan permainan. Mereka mendapatkan peluang emas pada menit ke-14 lewat Duvan Zapata. Namun, dia tidak bisa menyelesaikan peluang satu lawan satu itu dengan baik karena tendangannya bisa ditepis kiper Milan, Mike Maignan.

Walaupun lebih sedikit mendapat peluang, Rossoneri mampu menambah keunggulan menjadi 2-0 tiga menit jelang paruh pertama usai. Gol kedua mereka lahir dari Sandro Tonali yang dengan tenang menceploskan bola ke gawang Musso lewat situasi satu lawan satu.

Tak lama berselang, Milan nyaris mencetak gol ketiga mereka lewat Frank Kessie. Namun sayang sepakannya hanya membentur tiang gawang. Alhasil, skor 2-0 itu tidak berubah hingga 45 menit pertama usai.

Usai turun minum, pertandingan berlangsung dalam tempo yang lebih lambat daripada sebelumnya. Hal itu disebabkan kondisi lapangan yang basah karena hujan deras mengguyur lapangan saat akhir babak pertama tadi.

Baru pada menit ke-60, Milan memiliki peluang emas untuk menambah gol ketiga. Namun, Saelemaekers yang menerima umpan manis Ante Rebic gagal menyelesaikannya dengan baik karena tendangannya dari jarak dekat dihalau dengan akrobatik oleh Musso.

Tampil apik di paruh kedua, Milan menciptakan lebih banyak peluang. Berbanding terbalik dengan Atalanta yang terlihat tidak bisa mengembangkan permainan.

Terus menekan, Milan berhasil  mengubah skor menjadi 3-0 pada menit ke-78 lewat Rafael Leao. Dia mampu merobek gawang Musso setelah dimanjakan umpan dari Theo Hernandez yang tampil memukau di pertandingan ini.

Akan tetapi, Atalanta mampu memperkecil ketertinggalan tiga menit jelang laga usai lewat titik putih. Duvan Zapata, yang dipercaya sebagai algojo, mengeksekusi tendangan penalti itu dengan baik dan mengecoh Maignan yang melompat ke arah yang salah.

Di pengujung babak kedua, Mario Pasalic mencetak gol kedua Atalanta. Namun, golnya itu tidak sanggup untuk mengamankan setidaknya satu poin untuk timnya. Milan pun menang dengan skor 3-2.

Berikut adalah susunan pemain Atalanta vs AC Milan:

ATALANTA (3-4-1-2): Juan Musso; Jose Luis Palomino, Berat Djimsiti, Merih Demiral; Davide Zappacosta, Marten de Roon, Remo Freuler, Joakim Maehle; Matteo Pessina; Ruslan Malinovskiy, Duvan Zapata.

Cadangan: Marco Sportiello, Giorgio Scalvini, Giuseppe Pezzella, Matteo Lovato, Francesco Rossi, Mario Pasalic, Luis Muriel, Josip Ilicic, Roberto Piccoli, Teun Koopmeiners, Aleksey Miranchuk.

AC MILAN (4-2-3-1): Mike Maignan; Davide Calabria, Fikayo Tomori, Simon Kjaer, Theo Hernandez; Sandro Tonali, Franck Kessie; Alexis Saelemaekers, Brahim Diaz, Rafael Leao; Ante Rebic.

Cadangan: Ciprian Tatarusanu, Ismael Bennacer, Fode Ballo-Toure, Samu Castillejo, Alessio Romagnoli, Andrea Conti, Pierre Kalulu, Daniel Maldini, Junior Messias, Matteo Gabbia, Pietro Pellegri, Andreas Jungdal.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT