Timnas Ekuador kemungkinan besar batal ke Piala Dunia 2022 karena kasus pemalsuan akta pemain. (Foto: Instagram/@byron4590)
maulana yusuf

QUITO, iNews.id – Tim Nasional Ekuador dikabarkan akan dicoret dari Piala Dunia 2022 lantaran dituding melakukan pemalsuan akta kelahiran dan paspor pemainnya, Byron Castillo. Dengan begitu, Italia atau Cile menjadi kandidat kuat untuk menggantikannya.

Menurut laporan dari Football Italia yang dilansir pada Jumat (10/6/2022), Ekuador kemungkinan besar akan batal unjuk gigi di gelaran Piala Dunia 2022. Sanksi tersebut harus diterima Ekuador sebab telah memalsukan data Castillo.

“Ekuador hampir pasti akan terlempar dari Piala Dunia 2022 besok karena memalsukan paspor pemain,” bunyi pernyataan Football Italia.

Oleh sebab itu, FIFA akan menindaklanjuti dengan membuat keputusan tentang hal ini besok pagi (hari ini). Dengan dugaan tersebut, posisi Ekuador sangat sulit untuk dibenarkan.

Ekuador memang dituduh memalsukan akta kelahiran dan paspor Castillo agar terlihat seolah-olah dia lahir di Ekuador. Namun, dugaan itu belum bisa dibenarkan sebelum FIFA memberi kejelasan.

Di tengah isu tersebut, Cile dinilai lebih mungkin menjadi pengganti daripada Italia. Menyusul keluhan dari Cile terkait Castillo yang sebenarnya lahir di Kolombia dan tidak memiliki hak atas kewarganegaraan Ekuador.

Secara teori, Italia memang bisa menjadi pengganti Ekuador untuk maju ke Piala Dunia 2022. Hal itu disebabkan peringkat FIFA Italia lebih tinggi dibandingkan Cile. Namun, spekulasi itu belum dapat diketahui keputusannya.

Di sisi lain, kemungkinan besar FIFA akan memberikan kekalahan kepada Ekuador dalam pertandingan kualifikasi di mana Castillo bermain. Jadi, bukan mencoret mereka dari Piala Dunia.

Jika begitu, akan mendorong Cile ke turnamen sebagai gantinya. Tentu Cile akan menempati satu slot tim Amerika Selatan untuk Piala Dunia tahun ini.

Sekadar informasi, Castillo memiliki sembilan caps senior untuk Ekuador. Dia bermain di delapan kualifikasi Piala Dunia 2022. Sementara Ekuador ditempatkan di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Belanda dan Senegal.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT