Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari tepis penalti Timor Leste pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022). (Foto: Instagram/nandoariiiss)
Andhika Khoirul Huda

HANOI, iNews.id – Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari tepis penalti Timor Leste pada laga lanjutan Grup A SEA Games 2021, Selasa (10/5/2022). Kesaktiannya itu disorot sang pelatih Shin Tae-yong.

Garuda Muda mendapat petaka saat laga baru berjalan dua menit. Marc Klok menjatuhkan pemain Timor Leste di kotak terlarang sehingga wasit menunjuk titik putih.

Beruntung bagi Indonesia, Ernando Ari mampu menepis tendangan penalti Timor Leste yang dieksekusi oleh Mouzinho. Dia berhasil membuang bola yang mengarah ke atas kanan gawang tersebut.

Shin Tae-yong memuji performa gemilang kiper Persebaya Surabaya itu. Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai penampilannya cukup baik meski kebobolan satu gol dari Mouzinho pada babak kedua.

“Walaupun kemasukan satu gol,  tetapi dia bisa menepis penalti saat pertandingan baru dimulai,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

“Memang lawan hari ini lebih lemah daripada kami jadi tidak banyak tembakan dari lawan, tetapi performa Ernando memang cukup baik karena bisa menepis satu atau dua kali,” imbuhnya.

Tepisan penalti Ernando itu pun sukses membangkitkan semangat pasukan Garuda Muda hingga akhirnya menang 4-1. Empat gol Indonesia dipersembahkan Egy Maulana Vikri (15’), Witan Sulaeman (52’ dan 73’) serta Fachruddin Aryanto (58’).

Sebagai informasi, ini adalah kali pertama Ernando Ari mentas di SEA Games 2021. Penjaga gawang berusia 20 tahun itu menggantikan peran Muhammad Adisatryo yang kebobolan tiga gol pada laga pembuka kontra Vietnam.

Meski menang atas Timor Leste, Indonesia masih berada di posisi keempat dalam klasemen sementara Grup A SEA Games 2021 dengan koleksi 3 poin dari dua laga. Garuda Muda tertinggal 1 angka dari Filipina dan Vietnam di tempat kedua serta ketiga.

Posisi pertama di tempati Myanmar dengan 6 poin dari dua laga. Posisi buncit ada Timor Leste dengan 0 poin.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT