Gelandang legendaris AS Roma dan Italia Francesco Totti takut jumpa satu pemain sepanjang kariernya. (Foto: 90min)
Reynaldi Hermawan

ROMA, iNews.id - Gelandang legendaris AS Roma dan Italia Francesco Totti takut jumpa satu pemain sepanjang kariernya. Sebab sosok yang dimaksudnya sangat cerdik dan selalu bikin kiper lawan sakit punggung.

Orang yang dimaksud adalah legenda Juventus, Alessandro Del Piero. Mereka adalah sahabat saat membela Timnas Italia.

Keduanya punya kenangan manis di Jerman ketika berhasil membawa Gli Azzurri juara Piala Dunia 2006. Totti dan Del Piero jadi aktor protagonis kesuksesan tersebut.

Namun di level klub, mereka adalah rival abadi. Totti setia berseragam Roma sepanjang karier dan Del Piero adalah ikon Juventus.

Pernah menjadi lawan dan kawan, membuat Totti paham betul bagaimana kehebatan Del Piero. Dia mengakui pemain yang akrab disapa Ale itu adalah lawan yang sangat ditakutinya.

“Alessa, saya rasa semakin tua saya semakin takut menghadapi Anda di lapangan. Anda adalah salah satu yang terbaik dalam permainan, saya mengagumi Anda dan menghormati Anda," kata Totti dikutip dari Planet Football, Selasa (12/10/2021).

"Alex… lawan yang hebat! Pemain luar biasa! Orang hebat! Sebuah simbol yang nyata. Seorang juara yang memberikan trofi kepada fans Juventus, dia mencintai jersey itu dan membuat sakit punggung kiper lawan," ujarnya.

Del Piero memang hampir mengabdikan seluruh kariernya bersama Juventus. Legenda berparas tampan ini memakai seragam Si Nyonya Tua dari 1993-2012 sebelum pindah ke Sydney FC dan Delhi Dynamos.

Bahkan dia tetap setia meski Juventus terdegradasi ke Serie B akibat skandal calciopoli. Total Del Piero mempersembahkan 16 trofi untuk Si Nyonya Tua termasuk satu titel kasta kedua.

Sayangnya Del Piero gagal mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Juventus. Hal yang sama dirasakan Totti bersama Roma.

Meski demikian mereka patut berbangga karena setidaknya pernah merasakan nikmatnya juara Piala Dunia. Pecinta sepak bola pasti sepakat menyebut Totti dan Del Piero pesepak bola terhebat yang pernah dimiliki Negeri Pizza. 



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT