Son Heung-min on fire cetak hattrick dan membantu Tottenham Hotspur menang telak atas Aston Villa. (Foto: Reuters/Molly Darlington)
Andhika Khoirul Huda

BIRMINGHAM, iNews.id - Son Heung-min on fire cetak hattrick dan membantu Tottenham Hotspur menang telak 4-0 atas Aston Villa. Duel kedua tim berlangsung pada pekan ke-32 Liga Inggris di Villa Park, Sabtu (9/4/2022) malam WIB.

Kemenangan itu membuat Tottenham makin nyaman di peringkat keempat klasemen dengan nilai 57. Klub London Utara itu unggul 3 angka dari rival sekota Arsenal di posisi kelima.

Jalannya Pertandingan

Tottenham langsung tancap gas pada awal babak pertama. Mereka sudah unggul saat laga baru berjalan tiga menit lewat gol yang dicetak Son Heung Min.

Akan tetapi, setelah unggul satu gol, The Lilywhites tampak mengendurkan serangan. Pertandingan pun berjalan alot, namun berlangsung cukup keras karena kedua tim saling jegal di lini tengah.

Pada menit 15, justru Villa yang nyaris menyamakan kedudukan. Sayangnya, tendangan keras yang dilesatkan Matty Cash dari luar kotak penalti mengarah tepat ke pelukan Hugo Lloris.

Tiga menit kemudian, tim tuan rumah kembali mendapatkan peluang berbahaya. Namun, lagi-lagi Lloris membuat penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan roket dari John McGinn.

Setelah itu, The Lilywthites terus berada dalam tekanan Villa. Mereka nampak sangat kesulitan untuk mengembangkan permainan mereka karena pasukan Steven Gerrard terus melakukan pressing ketat.

Meski terus mendominasi jalannya pertandingan, Villa gagal mencetak gol penyeimbang hingga turun minum. Tottenham tetap memimpin 1-0 pada akhir babak pertama.

Pada awal babak kedua, Tottenham kembali sukses mencuri gol. Kali ini, giliran Dejan Kulusevski yang mencatatkan namanya di papan skor usai merobek jala Villa dengan tendangan kerasnya usai menerima umpan dari Harry Kane.

Tertinggal dua gol, tim tuan rumah semakin keluar untuk menyerang. Lewat serangan yang dibangun oleh Philippe Coutinho, mereka terus mencoba mengejar ketertinggalan.

Pada menit 59, Villa pun nyaris memecah kebuntuan lewat Danny Ings. Namun, sepakan melengkung yang dilesatkan mantan striker Liverpool itu masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Keasyikan menyerang, Villa justru kembali kebobolan pada menit 66. Adalah Son yang kembali menjebol gawang Forster dengan sepakannya usai mendapat umpan terobosan dari Kane.

Lima menit kemudian, Son melengkapi performa gemilangnya pada pertandingan ini. Pemain asal Korea Selatan itu sukses mencetak hattrick dengan golnya yang menyambar umpan dari Kulusevski.

Setelah itu, The Lilywhites berhasil memegang kendali pertandingan. Mereka menurunkan tempo permainan dan hanya mencoba memegang bola lebih lama untuk menjaga keunggulan.

Alhasil, hingga peluit panjang dibunyikan Villa tak mampu menorehkan satu gol pun ke gawang Spurs. Skor 4-0 untuk keunggulan tim tamu menutup pertandingan ini.

Berikut adalah susunan pemain Aston Villa vs Tottenham Hotspur:

ASTON VILLA (4-3-1-2): Emiliano Martinez; Matthew Cash, Ezri Konsa, Tyrone Mings (c), Lucas Digne; Douglas Luiz, John McGinn, Jacob Ramsey; Philippe Coutinho; Danny Ings, Ollie Watkins.

Cadangan: Bertrand Traore, Morgan Sanson, Marvelous Nakamba, Robin Olsen, Carney Chukwuemeka, Emiliano Buendia, Ashley Young, Leon Bailey, Calum Chambers.

TOTTENHAM (3-4-3): Hugo Lloris (c); Cristian Romero, Eric Dier, Ben Davies; Emerson, Pierre-Emile Hojbjerg, Rodrigo Bentancur, Matt Doherty; Dejan Kulusevski, Harry Kane, Son Heung-Min.

Cadangan: Harry Winks, Davinson Sanchez, Joe Rodon, Ryan Sessegnon, Steven Bergwijn, Sergio Reguilon, Harvey White, Pierluigi Gollini, Lucas Moura.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT