Barcelona menang 3-1 atas Celta Vigo pada jornada ke-36 Liga Spanyol di Camp Nou, Rabu (11/5/2022) dini hari WIB. Ada insiden mengerikan di laga tersebut. (Foto: REUTERS/Albert Gea)
Andhika Khoirul Huda

BARCELONA, iNews.id - Barcelona menang 3-1 atas Celta Vigo pada jornada ke-36 Liga Spanyol di Camp Nou, Rabu (11/5/2022) dini hari WIB. Ada insiden mengerikan di laga tersebut tepatnya babak kedua.

Pada menit ke-63 dua pemain Barcelona Ronald Araujo dan Gavi berbenturan kepala ketika ingin menyundul bola. Akibatnya Ronald Araujo dikabarkan pingsan dan harus meninggalkan lapangan dengan bantuan ambulance dan digantikan Clement Lenglet.

Terlepas dari hal tersebut, Barcelona kini duduk di posisi kedua klasemen berbekal nilai 72. Klub Catalan itu tertinggal 9 angka dari rival abadi Real Madrid di singgasana yang sudah mengunci titel juara.

Jalannya Pertandingan

Pada menit-menit awal, pertandingan berlangsung cukup alot. Barcelona hanya memegang penguasaan bola namun kesulitan untuk membangun serangan ke pertahanan Celta Vigo.

Memasuki menit 14, justru Celta Vigo yang nyaris menjebol gawang tim tuan rumah. Beruntung Ronald Araujo bisa menghadang Iago Aspas, yang sudah berdiri bebas untuk melepaskan tendangan di dalam kotak penalti, dengan sliding tackle-nya.

Setelah itu, tim tamu lebih banyak memegang kendali permainan. Bahkan, mereka unggul dari segi penguasaan bola dengan 56,5 persen, sesuatu yang jarang terjadi ketika berhadapan dengan strategi tiki-taka ala Barcelona.

Akan tetapi, setelah itu sang raksasa Catalan mulai bangkit. Mereka perlahan-lahan bisa melancarkan serangan ke lini belakang Celta Vigo.

Hasilnya, pada menit 30 Memphis Depay berhasil memecah kebuntuan. Pemain asal Belanda itu menyambar crossing apik Ousmane Dembele, yang sebelumnya berakselerasi dengan cepat dari sayap kanan.

Tak mau kalah, Celta Vigo berusaha menyamakan kedudukan. Pada menit 36, mereka nyaris menjebol gawang Barcelona jika tendangan melengkung Thiago Galhardo tidak diselamatkan kiper Barcelona, Marc Andre Ter Stegen.

Keasyikan menyerang, Celta Vigo kembali kebobolan pada menit 41. Kali ini giliran Pierre-Emerick Aubameyang yang mencatatkan namanya di papan skor dengan sontekannya yang menyambut umpan Depay.

Gol pemain asal Gabon itu pun menjadi yang terakhir pada paruh pertama. Barcelona unggul 2-0 atas Celta Vigo saat turun minum.

Memasuki babak kedua, Barcelona tak mengendurkan serangan. Mereka terus menekan Celta Vigo dengan variasi bola-bola pendek.

Terus menekan, pasukan Xavi Hernandez itu berhasil menorehkan gol ketiga mereka pada pertandingan ini. Lagi-lagi Aubameyang yang menjadi pencetak gol dengan sontekannya yang menyambut crossing Dembele. Skor berubah menjadi 3-0.

Akan tetapi, dua menit kemudian Iago Aspas mampu memperkecil ketertinggalan tim tamu. Golnya lahir dari kesalahan Ter Stegen yang salah mengumpan Araujo dan membuat bola direbut oleh Galhardo kemudian mengopernya pada Aspas.

Pada menit 58, kesialan menimpa Celta Vigo. Jeison Murillo, yang baru masuk di babak kedua, diganjar kartu merah oleh wasit setelah melanggar Depay, yang berhasil melewatinya sebagai orang terakhir.

Empat menit kemudian, gantian Blaugrana yang mendapat nasib sial. Araujo terpaksa mengakhiri pertandingan lebih cepat dan langsung dibawa dengan ambulance setelah beradu kepala dengan Gavi.

Lalu, pada menit 69, Barcelona kembali membuat blunder di lini belakang sehingga bola bisa direbut oleh Aspas. Beruntung mantan pemain Liverpool itu tak cukup cepat untuk langsung melepaskan tendangan dan malah mengopernya pada Brais Mendez, yang kemudian bola bisa diamankan lagi oleh pemain belakang tim tuan rumah.

Unggul jumlah pemain, sang raksasa Catalan terus memegang kendali permainan. Bahkan, pada menit 77 Riqui Puig mampu menjebol gawang Celta Vigo untuk keempat kalinya. Namun sayang, dirinya sudah lebih dulu berada dalam posisi offside sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Pada 10 menit akhir waktu normal, Blaugrana memiliki beberapa kesempatan untuk memperlebar keunggulan. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang buruk membuat mereka gagal untuk menciptakan gol tambahan lagi hingga peluit panjang dibunyikan. 

Berikut adalah susunan pemain Barcelona vs Celta Vigo:

BARCELONA (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Dani Alves, Ronald Araujo, Eric Garcia, Jordi Alba; Gavi, Frenkie de Jong, Memphis Depay; Ousmane Dembele, Pierre-Emerick Aubameyang, Ferran Torres.

Cadangan: Neto, Arnau Tenas, Martin Braithwaite, Samuel Umtiti, Ansu Fati, Oscar Mingueza, Clement Lenglet, Alvaro Sanz, Luuk de Jong, Jandro Orellana, Adama Traore, Riqui Puig.

CELTA VIGO (4-1-3-2): Matias Dituro; Kevin Vazquez, Joseph Aidoo, Nestor Araujo, Javi Galan; Fran Beltran; Brais Mendez, Denis Suarez, Franco Cervi; Thiago Galhardo, Iago Aspas.

Cadangan: Ruben Blanco, Gabriel Veiga, Augusto Solari, Jose Manuel Fontan, Jeison Murillo, Jorge Carrillo Balea, Renato Tapia, Orbelin Pineda.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT