Striker Liverpool, Sadio Mane merayakan gol ke gawang tuan rumah Villarreal laga leg kedua semifinal Liga Champions 2021/2022 di Stadion de la Ceramica, Rabu (4/5/2022). (Foto: REUTERS/Pablo Morano)
Fitradian Dhimas Kurniawan

VILLARREAL, iNews.id - Liverpool berhasil lolos ke final Liga Champions 2021/2022. Hal itu didapat usai mereka mengalahkan Villarreal pada leg kedua semifinal dengan skor 3-2 dan skor agregat 5-2.

Fans Liverpool dibuat deg-degan pada babak pertama. Pasalnya Sadio Mane cs tertinggal 0-2 atas tuan rumah Villarreal.

Namun, skuad asuhan pelatih Jurgen Klopp tersebut bangkit pada babak kedua. Tiga gol berhasil dicetak sehingga mereka menang comeback 3-2.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama

Berlangsung di Estadio de la Ceramica, Rabu (4/5/2022) dini hari WIB, Villarreal mampu mencuri keunggulan pada menit ketiga. Boulaye Dia sukses mencetak gol melalui sepakannya dan membuat kiper Liverpool, Alisson tak berkutik.

Kejadian tersebut pun membuat Liverpool terkejut. Mereka langsung mencoba mencari cara untuk mengejar. Pada menit k-11, mereka mendapat peluang, namun sepakan Diogo Jota tak menemui sasaran.

Peluang untuk Liverpool kemudian datang pada menit ke-26. Jota kembali menembus pertahanan Villarreal dan melepaskan tembakan. Namun, upayanya juga masih bisa dihalau lawan.

Gelandang Villarreal, Francis Coquelin merayakan gol ke gawang Liverpool dalam laga semifinal Liga Champions 2021/2022 leg kedua di Stadion de la Ceramica, Rabu (4/5/2022). (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Setelah itu, Villarreal mulai menyerang. Namun, upaya mereka digagalkan, saat Giovani Lo Celso ditangkap Alisson pada menit ke-37. Villarreal sempat meminta penalti, tetapi tak diberikan.

Tuan rumah kemudian sukses menggandakan keunggulannya pada menit ke-41. Kali ini, Francis Coquelin yang sukses menjebol gawang Liverpool yang menanduk bola. Gol itu membuat Villarreal mengakhiri babak pertama dengan skor 2-0.

Babak Kedua

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, langsung membuat perubahan begitu paruh kedua dimulai. Hal tersebut membuat permainan The Reds lebih bertenaga dan mengancam pertahanan Villarreal.

Peluang untuk tim tamu pun datang pada menit ke-55. Berawal dari tendangan bebas, Trent Alexander-Arnold menyambar bola muntah dengan kakinya. Namun, sepakannya masih menghantam mistar gawang.

Akhirnya Liverpool sukses memperkecil ketertinggalan pada menit ke-62. Adalah Fabinho yang sukses mencetak gol setelah lolos dari jebakan offside dan melepaskan tendangan.

Gelandang Liverpool, Fabinho berselebrasi seusai membobol gawang Villlarreal dalam laga semifinal leg kedua Liga Champions 2021/2022 di Stadion de la Ceramica, Rabu (4/5/2022). (Foto: REUTERS/Pablo Morano)

Liverpool tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-67, Luis Diaz yang baru masuk di awal babak kedua, berhasil menjebol gawang Villarreal.

Memasuki menit ke-74, Liverpool berhasil berbalik memimpin. Sadio Mane mencetak gol melalui tembakannya, dan memaksimalkan kesalahan kiper Villarreal, Geronimo Rulli.

Keadaan itu membuat Villarreal sedikit frustrasi. Mereka bahkan mulai bermain kasar dan sehingga membuat pelanggaran keras. Puncaknya, Étienne Capoue mendapat kartu merah, usai menerima kartu kuning kedua pada menit ke-85.

Sebaliknya, Liverpool mampu bertahan dengan baik hingga pertandingan usai. Mereka pun mengakhiri laga dengan skor 3-2, dan lolos ke partai puncak dengan skor agregat 5-2.

SUSUNAN PEMAIN
VILLARREAL
Rulli, Foyth, Albiol (Aurier 79), Torres, Estupinan (Trigueros 79), Lo Celso, Parejo, Capoue, Coquelin (Pedraza 68), Dia (Alcacer 80), Moreno (Chukwueze 68)
Pelatih: Unai Emery

LIVERPOOL 
Alisson, Alexander-Arnold, Konate, Van Dijk, Robertson (Tsimikas 80), Fabinho (Milner 84), Keita (Henderson 79), Thiago (Jones 80), Jota (Diaz 46), Salah, Mane
Pelatih: Jurgen Klopp 


Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT