Pemain Timnas Indonesia yang tampil optimal di SEA Games 2021 akan dikupas tuntas. Salah satunya Ernando Ari. (Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar)
Cikal Bintang Raissatria

HANOI, iNews.id- Pemain Timnas Indonesia yang tampil optimal di SEA Games 2021 akan dikupas tuntas. Setidaknya, ada tiga pemain Indonesia U-23 ini yang tampil optimal yakni Marselino Ferdinan, Egy Maulana Vikri, dan Ernando Ari Sutaryadi.

Timnas Indonesia U-23 berhasil menempati urutan ketiga cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2021. Hasil itu didapat usai mengalahkan Timnas Malaysia U-23 melalui babak adu penalti 4-3.

Meski hanya meraih medali perunggu, pencapaian ini terbilang cukup memuaskan bagi Timnas Indonesia U-23. Tak hanya itu, beberapa pemain juga berhasil menunjukkan tajinya selama SEA Games 2021 berlangsung.

Tim iNews.id merangkum tiga pemain Timnas Indonesia yang tampil paling optimal di SEA Games 2021. Berikut ulasannya:

1. Marselino Ferdinan

Gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (Foto: Instagram/marselinoferdinan10)

Menawan mungkin menjadi salah satu kata yang pantas disematkan kepada pemain yang baru berusia 17 tahun ini. Bagaimana tidak, Marselino mampu tampil optimal dalam semua pertandingan dan membukukan catatan apik.

Ya, Marselino berhasil mengoleksi dua gol dalam enam pertandingan bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Meski awalnya hanya mendapatkan sedikit menit bermain, Marselino akhirnya menjadi salah satu sosok kunci di Timnas Indonesia U-23 saat mengalahkan Malaysia U-23.

Gelandang Persebaya Surabaya itu berhasil mengirim umpan matang kepada Ronaldo Kwateh yang mencetak gol dalam pertandingan itu. Ia juga berhasil menjalankan tugas dengan baik saat ditunjuk sebagai eksekutor penalti.

2. Egy Maulana Vikri

Gelandang serang Indonesia, Egy Maulana Vikri. (Foto: Instagram/@PSSI)

Egy Maulana Vikri adalah pemain selanjutnya yang bisa dibilang tampil optimal bersama Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Pemain kelahiran Medan ini sukses mengemas tiga gol dan satu assist dalam lima pertandingan.

Egy terus menjadi pemain kepercayaan Shin tae-yong dari pertandingan ke pertandingan. Salah satu peran pentingnya adalah ketika Skuad Garuda bersua dengan Myanmar U-23 dalam pertandingan penentu tim yang lolos ke semifinal.

Saat itu, Egy berhasil menyumbang satu gol untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23. Sedangkan, dua gol lainnya masing-masing dicatatkan oleh Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman. Hasilnya, Timnas Indonesia U-23 memastikan tiket semifinal usai menang atas Myanmar U-23 (3-1).

3. Ernando Ari Sutaryadi

Kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari. (Foto: Instagram/nandoariiiss)

Gelar posisi ketiga sekaligus medali perunggu SEA Games 2021 tak terlepas dari sosok penjaga gawang Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari Sutaryadi. Bagaimana tidak, kiper berusia 20 tahun tersebut berhasil melakukan banyak penyelamatan gemilang.

Ernando memang sempat absen dalam pertandingan pertama Timnas Indonesia U-23. Ya, saat itu ia berada di bangku cadangan saat Skuad Garuda dihempas Vietnam U-23 (0-3) di pertandingan pembuka.

Selepas itu, Ernando selalu dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-23. Pada penampilan pertamanya, ia berhasil menyelamatkan tendangan penalti Mouzinho, Timnas Indonesia U-23 pun menang atas Timor Leste U-23 (4-1).

Kemudian, catatan apiknya terus berlanjut ketika berhadapan dengan Filipina U-23 (4-0) dan Myanmar U-23 (3-1). Sayangnya, gawang pemain berusia 20 tahun itu dibobol Wheeratep Pomphan dalam pertandingan ssemifinal melawan Thailand U-23 (0-1).

Di pertandingan perebutan medali perunggu, Ernando kembali menjadi sosok kunci untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23. Dengan sigap, Ernando mampu menepis tendangan Hadi Fayyadh, dan Luqman Hakim untuk mengantar Timnas Indonesia U-23 menang atas Malaysia U-23 di babak adu penalti 4-3.


Editor : Ibnu Hariyanto

BERITA TERKAIT