Jack Wilshere ditunjuk sebagai pelatih kepala Arsenal U-18. (Foto: Arsenal)
Quadiliba Al-Farabi

LONDON, iNews.id - Jack Wilshere ditunjuk sebagai pelatih kepala Arsenal U-18 beberapa hari setelah pensiun. Dia ingin meniru kejeniusan Arsene Wenger dan Mikel Arteta.

Wilshere pensiun dari sepak bola profesional pada Jumat lalu di usia 30 tahun. Dia telah mengakhiri kontraknya dengan klub Denmark AGF pada bulan Juni. 

Tak menganggur lama, dia kini telah ditunjuk sebagai pelatih kepala tim U-18 Arsenal. Dia mengambil jabatan itu karena terinspirasi Arsene Wenger dan Mikel Arteta.

Wilshere mengatakan dia akan meneruskan apa yang dia pelajari dari mantan bos Arsenal Wenger dan manajer saat ini Arteta. Di antaranya mengkombinasikan sepak bola konvensional dan modern.

"Saya ingin tim yang mendominasi penguasaan bola, mencoba merebut kembali bola setinggi mungkin, secepat mungkin," katanya kepada situs resmi klub, Selasa (12/7/2022).

“Bekerja di bawah Arsene dan orang-orang seperti itu, mereka menanamkan itu dalam diri kami sejak usia muda. Jika saya dapat mewujudkannya, bersama dengan pemikiran dan ide Mikel, saya pikir itu adalah resep untuk sukses,” lanjutnya.

Wilshere merupakan pemain jebolan Akademi Arsenal. Dia mendapatkan pendidikan di klub London Utara itu sejak tahun 2001.

Tujuh tahun kemudian, Wilshere akhirnya naik ke skuad utama Arsenal. Namun, dia sempat dipinjamkan ke Bolton Wanderers pada tahun 2010.

Hanya setengah musim, Wilshere akhirnya kembali ke Arsenal. Dia pun konsisten membela The Gunners hingga mampu mengantar merengkuh tiga gelar.

Tercatat, Wilshere mampu mengantar Arsenal memenangkan dua gelar Community Shield (2014 dan 2015), dan satu Piala FA (2014). Karena perannya yang semakin terpinggirkan, Wilshere akhirnya memutuskan bergabung dengan West Ham United pada tahun 2016.

Setelah itu, dirinya sempat berseragam Bournemouth, dan hijrah ke Liga Denmark untuk bergabung dengan Aarhus GF. Baru setengah tahun di Aarhus GF, Wilshere mengumumkan pensiun, sebelum akhirnya sekarang kembali ke Arsenal sebagai pelatih.


Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT