Legenda Belanda Marco van Basten sedikit melayangkan kritik untuk juniornya bek Liverpool Virgil van Dijk. Menurutnya sang defender membatasi kemampuannya.(Foto: Inven Global)
Muammar Yahya Herdana

LIVERPOOL, iNews.id - Legenda Belanda Marco van Basten sedikit melayangkan kritik untuk juniornya bek Liverpool Virgil van Dijk. Menurutnya sang defender membatasi kemampuannya.

Virgil van Dijk tercatat sebagai salah satu rekrutan penting Liverpool di era Jurgen Klopp. Pemain asal Belanda itu tiba dari Southampton pada Januari 2018 dengan biaya 75 juta pounds.

Sejak kedatangannya, pertahanan The Reds menjadi lebih solid. Buktinya Klub Merseyside itu bisa mengamankan trofi Liga Champions dan gelar Liga Inggris.

Pesona Van Dijk membuat Van Basten kagum. Tapi Van Basten paham sang defender masih bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

“Dia adalah bek yang megah dan pemain yang hebat. Dia cepat, dia bisa menyundul dengan baik, memiliki umpan yang bagus, teknik yang bagus, namun saya pikir dia masih bisa berkembang. Dia bisa mengontrol, menggunakan penguasaan bola lebih cepat, bermain di lini tengah lebih cepat, membawa bola ke depan dengan cara yang benar," kata Van Basten dikutip dari Sportskeeda, Kamis (21/4/2022).

“Saya pikir dia bisa lebih jago lagi dari sekarang, dia sering membatasi dirinya untuk memainkan bola ke bek sayap. Tetapi dia memiliki umpan yang bagus dalam dirinya. Dia bisa menggiring bola; dia memiliki teknik yang baik untuk melakukannya. Dia bisa jauh lebih dominan," ujarnya.

Van Dijk melewati musim impresif lainnya di Anfield. Pemain berusia 30 tahun itu telah membuat 43 penampilan untuk The Reds musim ini dan telah menyumbangkan tiga gol dan satu assist di semua ajang.

Dia menjadi pemain yang nyaris selalu berada di starting XI Liverpool musim ini. Dia sering dipasangkan bersama Joel Matip atau Ibrahima Konate di lini pertahanan.



Editor : Reynaldi Hermawan

BERITA TERKAIT