Bek kanan Bali United, I Made Andhika Pradana Wijaya. (Foto: Instagram/@andhikawijayaa)
Rilo Pambudi

JAKARTA, iNews.id - Profil biodata I Made Andhika Wijaya sebagai pemain Bali United menarik untuk dibahas. Dia dikenal sebagai bek kokoh andalan klub berjulukan Serdadu Tridatu itu di Liga 1 2021/2022.

I Made Andhika Pradana Wijaya atau I Made Andhika Wijaya merupakan pemain sepak bola profesional Indonesia yang bermain sebagai bek untuk Bali United. Pemain yang akrab disapa I Made Andhika itu lahir di Jakarta, 12 Juli 1996.

Ayah dari I Made Andhika adalah legenda sepak bola nasional yang berjulukan Si Kijang Pulau Dewata, I Made Pasek Wijaya. Pemain yang kini berusia 25 tahun itu juga keponakan dari Made Kawiarda, yang merupakan legenda sepak bola asal Bali.

I Made Andhika adalah sulung dari tiga bersaudara dari ibu yang bernama Indah Wijaya. Pemain dengan tinggi 173 cm itu dominan bermain di posisi bek kanan.

Profil Biodata I Made Andhika Wijaya

Nama Lengkap: I Made Andhika Pradana Wijaya

Kebangsaan:  Indonesia

Tempat Lahir: Jakarta

Tanggal Lahir: 12 Juli 1996

Usia: 25 Tahun

Tinggi Badan: 173 cm

Klub Saat Ini: Bali United

Perjalanan Karier

Karier profesional I Made Andhika dimulai setelah ia menjadi anggota tim PS Badung senior sejak tahun 2013 setelah sempat Perseden Denpasar.

Bermain di klub kasta bawah sepak bola Indonesia, membuat I Made Andhika terus mengasah talentanya.

Di usianya yang muda, I Made Andhika sempat ikut mengantarkan PS Badung promosi ke Divisi Utama pada tahun 2014.

Pemain berdarah Bali itu juga pernah ikut membawa tim Porprov Denpasar menyabet medali emas di ajang Porprov Bali tahun 2015 yang digelar di Singaraja. Gol tunggal dari I Made Andhika saat itu sukses mengantarkan Denpasar juara di Porprov Buleleng mengandaskan perjuangan Porprov Kabupaten Badung.

Meski tercatat lahir di Jakarta, I Made Andhika menjadi salah satu putra sepak bola terbaik dari Pulau Dewata. Pada akhir 2016, I Made Andhika dipromosikan untuk masuk ke tim utama Bali United.

Aturan yang mewajibkan setiap klub memainkan pemain U-23 di awal Liga 1 2017 menjadi berkah tersendiri bagi beberapa pemain muda, termasuk I Made Andhika. Pasalnya berkat aturan tersebut , I Made Andhika langsung mendapat kesempatan yang bagus.
 
Di usianya yang kala itu baru 21 tahun, ia berhasil tampil di 25 laga sepanjang musim Liga 1 2017. Pemain dengan nomor punggung 33 itu tetap dipercaya untuk menghuni posisi bek kanan Bali United, meski aturan U-23 sudah ditangguhkan setelahnya.

Pada musim Liga 1 2018, I Made Andhika tetap menjadi bek andalan sisi kanan Bali United. I Made Andhika yang dimainkan sebanyak 23 kali sempat mencetak gol profesional pertamanya ketika laga melawan Borneo FC pada 2 Oktober 2018.

Selain mampu bermain bertahan dan menyerang secara seimbang di posisi bek kanan, I Made Andhika juga bisa dimainkan sebagai bek kiri, gelandang bertahan hingga gelandang serang.Hal itu membuatnya menjadi pemain yang sangat penting bagi Bali United.



Editor : Dimas Wahyu Indrajaya

BERITA TERKAIT